Paket Aqiqah Kediri Termurah Kambing Anti Prengus

Posted by on September 27, 2019 | 0 comments

BALQIS AQIQAH WA: 08180 273 1273, Menyediakan paket Aqiqah Kediri Dengan Kambing Anti Prengus Dan Harga Termurah.

Paket Aqiqah Kediri

paket aqiqah kediri kambing anti prengus
Paket Aqiqah Kediri Termurah Kambing Anti Prengus

Balqis Aqiqah Jogja – Aqiqah merupakan salah satu syariat islam yang menyarankan untuk melakukan qurban hewan. Cukup banyak yang menyediakan jasa ini, salah satunya Balqis aqiqah Kediri. Terdapat beberapa persyaratan harus harus dilakukan terlebih dahulu sebelum aqiqah.

Salah satu syariat agama islam ini biasa dilakukan ketika bayi berumur 7 hari, 14 hari, atau 21 hari setelah kelahiran. Dan hewan yang biasa digunakan untuk proses aqiqah adalah seekor kambing. Untuk laki – laki harus 2 ekor kambing dan untuk perempuan hanya 1 ekor kambing. Nanti hasil dari sembelih kambing dibagikan ke kerabat dan tetangga sekitar yang sebelumnya dilakukan pengajian.

Hikmah Melakukan Aqiqah

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, terlebih dahulu anda harus memahami makna dari hikmah itu sendiri. dalam syariat islam hikmah memiliki beberapa makna, di beberapa sumber hikmat dikatakan sebagai larangan atau halangan, yang mana jika anda melakukan hal ini maka anda terhalang dari sebuah kemaksiatan.

Lalu di sumber lain juga hikmah dikatakan juga memiliki maksud adil dalam memutuskan sesuatu. Hikmat bisa dikatakan sebuah sebuah hakikat di dalam segala sesuatu apa adanya, dan juga mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya. Dalam sumber lain juga hikmah dikatakan sebagai tali kekang sebuah binatang untuk mengendalikan sesuatu dan mampu mengendalikan akhlaknya.

Masuk ke dalam inti pembahasan, hikmah dalam melakukan aqiqah adalah merupakan sebagai wujud rasa syukur  atas karunia yang diberikan atas kelahiran sang anak. Aqiqah juga sebagai wadah dalam merayakan sebuah kegembiraan dalam syariat islam dalam mendapatkan sebuah keturunan.

Di dalam aqiqah juga anda diharuskan membagikan hasil hewan sembelih dengan ketentuan tertentu yang sudah diolah terlebih dahulu sehingga sudah dalam kondisi matang. Masakan yang sudah matang tersebut harus anda bagikan kepada kerabat dan juga anggota keluarga besar.

Dengan melakukan aqiqah anda akan mendapatkan syafaat yang diberikan kepada anak. Dengan maksud jika anak tersebut meninggal sebelum dewasa sang orang tua tidak mendapatkan syafaatnya di hari kiamat nanti. Keselamatan anak juga akan terpengaruh dengan melakukan aqiqah, karena diharapkan anak akan mendapatkan keselamatan dari segala bahaya dan mendapatkan kenikmatan.

Karena setiap bayi yang baru lahir akan diikutioleh setan dan dihalangi untuk berbuat kebaikan, dengan aqiqah juga bisa sebagai media untuk membebaskan bayi hari hal semacam itu. Dengan melakukan aqiqah merupakan sebagai contoh sunah Nabi yang diikuti oleh para umatnya dengan hikmah agar Allah menjadikan anak tersebut sebagai salah satu bentuk syukur atas kehadirannya.

paket aqiqah kediri termurah
Paket Aqiqah Kediri Termurah

Hewan yang digunakan untuk Aqiqah

Sebelum menggunakan Paket Aqiqah Kediri atau yang lainnya, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis hewan yang boleh digunakan dalam proses aqiqah dalam islam. Memang yang disebutkan dalam islam dan juga contoh Nabi Muhammad SAW adalah hewan kambing, domba, gibas atau kibsy (domba putih).

Disebutkan juga dalam sebuah hadis yang mengatakan bahwa untuk anak laki – laki harus mengurbankan 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Beberapa ulama mengatakan boleh menyembelih 1 ekor kambing untuk anak laki – laki karena terdapat sebuah riwayat yang mengatakan hal itu boleh dilakukan.

Dan hewan yang boleh digunakan untuk saat ini hanyalah kambing dan domba, tidak boleh hewan lain sebagai mana yang dikatakan dalam sebuah hadist. Dalam ketentuan hewan aqiqah tidak masalah jika kelaminnya jantan atau betina, namun disarankan untuk yang jantan saja. Alangkah baiknya jika memilih hewan aqiqah yang berwarna putih sebagaimana yang sudah dalam dalam ketentuan.

Lalu dilanjutkan untuk memilih kambing atau domba yang besar, gemuk, dan juga yang paling bagus. Untuk anak laki – laki karena harus mengurbankan 2 ekor kambing, disarankan keduanya harus dalam umur yang sama. Tidak boleh ada anggota badan atau pun bagian kambing lainnya yang cacat karena memang harus keadaan sehat. Daging dari hasil aqiqah pun tidak boleh dijual dengan alasan apapun.

Daging kambing yang digunakan untuk aqiqah harus diolah dan juga dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan ke orang lain. tidak hanya dagingnya saja, kulit dari kambing sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain, bisa juga diberikan ke penyembelih kambing.

Setidaknya kambing yang digunakan dalam proses aqiqah sudah berumur 1 tahun. Untuk jenis kambing dan dombanya sendiri tidak ada masalah, baik itu kambing Garut, kambing Jawa, biri – biri, domba, kambing benggala, kambing etawa dan jenis kambing lainnya. Walaupun tergolong sulit untuk menemukan kambing yang memenuhi syarat, anda bisa menanyakan hal ini kepada banyak orang.

Baca juga : Aqiqah Jakarta

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Dalam waktu pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari awal bayi setelah dilahirkan. Sehingga dari Aqiqah Pare Kediri dan juga yang lainnya selalu menyebarkan informasi ke banyak orang mengenai pentingnya melakukan aqiqah. Memang tidak diwajibkan untuk melakukan proses aqiqah di pada 7 hari, 14 hari, atau 21 hari setelah kelahiran bayi.

Beberapa ulama juga mengatakan bahwa apabila orang tuanya tidak mampu melaksanakan proses aqiqah maka gugurlah sudah kewajibannya tersebut. Tapi jika sang bayi meninggal dan belum masuk hari ke 7, orang tua harus tetap memberikan nama bayi. Dan juga ada yang berpendapat bahwa dalam melakukan aqiqah tidak ada batasan waktu sehingga anda bisa melakukan aqiqah di waktu kapan saja.

Aqiqah sendiri memang disunnahkan dilakukan pada hari ke 7 setelah bayi dilahirkan. Karena salah satu makna yang akan didapatkan anak akan mendapatkan keselamatan dari setiap bahawa karena telah di gadaikan pada proses aqiqah baik di dunia maupun di akhirat. Dan juga orang tua tidak akan mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti juga seorang anak tersebut meninggal sebelum baligh.

Allah SWT juga menjadikan aqiqah sebagai bentuk perlindungan dari setan yang telah mengikuti sang bayi supaya tidak melakukan hal – hal yang positif dalam hidupnya. Sebagian besar ulama menghitungnya dari waktu siang hari kelahiran awal. Dan di waktu malam jika bayi tersebut dilahirkan pada malam hari, tetapi mulai dihitung di hari berikutnya. Jadi akan lebih lama dari yang siang hari.

Disarankan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi karena memang pada awal kelahirannya pihak bayi akan di sibukkan dengan berbagai urusan untuk merawat sang anak dan ibu. Selain itu juga untuk mencari kambing atau hewannya tidaklah mudah mengingat terdapat beberapa aturan yang harus dijalankan. Tentu terasa sulit dilakukan jika dalam syariat agama harus pada hari pertama kelahiran.

Terdapat beberapa perbedaan pendapat antara ulama apabila orang tua tidak bisa melakukan proses aqiqah pada hari ketujuh. Tetapi yang jelas harus diusahakan supaya proses aqiqah haru dijalankan sebelum sang anak beranjak dewasa. Ada pula yang berpendapat jika orang tua belum melakukan aqiqah sedangkan anak sudah baligh, maka gugurlah sudah dan sang anak bisa melakukannya sendiri.

paket aqiqah kediri
Paket Aqiqah Kediri

Pembagian Daging Aqiqah

Sebelum masuk ke proses pembagian daging, sebagian besar ulama telah sepakat bahwa hewan yang digunakan dalam kegiatan aqiqah adalah kambing atau domba. Aqiqah bisa dibilang sebagai ibadah tebusan untuk anak, oleh karena itu harus sepadan antara jiwa dengan jiwa. Maka dari itu aqiqah cukup dengan 1 ekor sampai 2 ekor kambing saja.

Ada riwayat yang mengatakan bahwa orang tua diperbolehkan untuk mengkonsumsi sebagian dari daging aqiqah anaknya secara tidak berlebihan. Alasan yang pertama secara prinsip aturan dari pelaksanaannya sama halnya dengan melaksanakan proses qurban. Dan juga ada keterangan terkait pelaksanaan aqiqah di dalam sebuah hadis sebagai alasan keduanya.

Sama halnya dengan proses ibadah qurban, aturan yang terkait diperbolehkan memakan, menyedekahkan dan juga menghadiahkan daging. Dan juga beberapa ulama menyimpulkan bahwa lebih baik ibadah aqiqah sama dengan proses pelaksanaan qurban. Sehingga dapat dikatakan daging aqiqah boleh di konsumsi sendiri tanpa berlebihan, dan lebih baik dibagikan ke orang lain.

Baik aqiqah atau qurban telah di syariatkan dalam hukum bahwa tidak wajib. Kesamaan tersebut dalam sifatnya sunah pelaksanaannya. Dan berdasarkan riwayat yang sudah disampaikan proses memasak daging aqiqah harus dalam utuh dan tidak boleh pecah. Kemudian hasil masakan tersebut diberikan ke orang lain dalam artikan di sedekahkan.

Di Indonesia sendiri daging aqiqah tersebut biasanya dibagikan ke orang lain dalam artian kerabat dekat, tetangga, sahabat, dan juga kaum fakir miskin. Tak sedikit juga banyak pihak keluarga yang mengadakan proses aqiqah juga bisa di rumah untuk dimakan bersama. Tidak ketinggalan juga anda harus membagikannya kepada orang – orang yang tidak mampu yang tinggal di sekitar rumah anda.

Jika daging aqiqah dimasak kemudian dibagikan kepada tetangga, kaum fakir miskin, saudara dan juga kerabat sudah tentu hal ini boleh dilakukan. Dan jika daging aqiqah digunakan untuk hajatan lain yang memiliki tujuan berbeda dari proses aqiqah tentu saja tidak boleh baik untuk si pemberi maupun penerimanya. Jika ingin memberikannya kepada orang lain harus kondisi matang dan siap makan

Baca juga : Aqiqah Bogor

Tata Cara Aqiqah

Dalam proses pelaksanaan aqiqah harus sesuai dengan apa yang sudah disampaikan sesuai syariat islam dan juga sunah sebagaimana yang sudah di contohkan Nabi Muhammad SAW. Setelah mengetahui apa itu aqiqah juga diharapkan menambah keyakinan anda untuk melakukan aqiqah untuk buah hati. Untuk melakukan aqiqah pun anda bisa menggunakan hewan kambing atau domba.

Waktu pelaksanaan aqiqah bisa dilakukan seminggu setelah kelahiran sang anak. Dan jika dalam waktu seminggu anak belum melakukan aqiqah anda bisa menggantinya di hari – hari lain selama sang anak belum masuk ke dalam tahap baligh. Ada juga yang mengatakan bahwa proses aqiqah akan gugur jika sang akan sudah masuk waktu satu minggu namun belum melakukan proses aqiqah.

Dan mengenai jenis kelamin dari hewan yang akan di aqiqahkan sendiri memang tidak ada masalah. Hal yang terpenting hewan tersebut sudah dalam kondisi yang sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan baik dalam segi jenis, usia, dan yang terpenting terhindar dari berbagai penyakit yang diterimanya. Dan disarankan harus memilih kambing atau domba yang sehat dan juga berbadan besar.

Setiap muat muslim harus tau tata cara pelaksanaan aqiqah anak baik laku – laki atau pun perempuan sesuai sunah rasulullah. Dan dengan mengetahui tata cara aqiqah tersebut anda bisa hidup dengan tenang tanpa harus takut ada tahap yang gagal. Tidak ada batasan waktu dalam pelaksanaan aqiqah dan juga tidak dipaksakan. Dan juga orang tua belum mampu, sang bisa melakukan aqiqah sendiri.

Dan hewan yang boleh digunakan untuk saat ini hanyalah kambing dan domba, tidak boleh hewan lain sebagai mana yang dikatakan dalam sebuah hadis. Dalam ketentuan hewan aqiqah tidak masalah jika kelaminnya jantan atau betina, namun disarankan untuk yang jantan saja. Alangkah baiknya jika memilih hewan aqiqah yang berwarna putih sebagaimana yang sudah dalam dalam ketentuan.

Lalu dilanjutkan untuk memilih kambing atau domba yang besar, gemuk, dan juga yang paling bagus. Untuk anak laki – laki karena harus mengurbankan 2 ekor kambing, disarankan keduanya harus dalam umur yang sama. Tidak boleh ada anggota badan atau pun bagian kambing lainnya yang cacat karena memang harus keadaan sehat. Jasa Aqiqah Kediri dan yang lainnya memastikan hewannya sehat.

Baca juga : Aqiqah Tangerang

Aqiqah Kediri Salah Satu Penyedia Jasa

Aqiqah merupakan salah satu bentuk syukur atar nikmat yang telah diberikan kepada sang anak dan juga kelimpahan kenikmatan lain yang juga sudah diberikan. Hukum untuk menjalankan aqaiah sendiri merupakan sunah muakkad dimana tidak diwajibkan bagi setiap umat muslim untuk melakukannya. Dengan tingkat kemudahan yang sudah diberikan saat ini pun menyebar sampai ke proses aqiqah.

Pasalnya jika zaman dahulu orang tua melakukan sembelih hewan sampai makanan siap disajikan. Saat ini sudah hadir beragam jasa aqiqah yang bisa anda gunakan. Karena dengan menggunakan jasa ini akan banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dibanding dengan mengerjakannya sendiri, diantaranya :

  1. Hemat waktu dan tenaga

Untuk mendapatkan kambing dan domba yang sesuai dengan syariat islam tentu tidaklah mudah mengingat banyak orang yang asal menjualnya. Dengan menggunakan jasa ini anda tidak perlu khawatir karena semua sudah diurus sehingga tidak memakan waktu dan juga tenaga anda sendiri.

  • Harga relatif murah

Jika diperhatikan secara rinci, dibanding anda mengolahnya sendiri akan lebih mahal ketimbang menggunakan jasa ini. untuk mulai dari proses pembelian hewan, pemotongan, sampai memasak.

  • Masakan tidak bau perengus

Ini yang menjadi banyak alasan mengapa orang menggunakan jasa aqiqah. Sebagian besar orang belum tentu bisa mengolah daging kambing, alhasil daging pun masih bau perengus. Jika anda menggunakan jasa aqiqah ini sangat kecil kemungkinannya hal ini akan terjadi karena sudah pada ahlinya.

  • Fasilitas tambahan

Tidak lengkap rasanya jika anda hanya menerima layanan pemotongan hewan dan juga pengolahannya saja. Di beberapa tempat telah menyediakan fasilitas berupa pengajian dan juga penceramahnya juga.

  • Mudah mendapatkan kambing berkualitas

Biasanya, para penyedia jasa aqiqah telah memiliki peternakan kambing sendiri, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan hewan yang digunakan. Untuk meyakinkan anda juga saat ini anda bisa langsung mengunjungi tempat tersebut dan memilih hewan yang akan anda gunakan untuk aqiqah.

  • Bisa diolah sesuai selera

Tidak semua orang bisa mengolah daging kambing atau pun domba sesuai selera yang orang lain inginkan. Namun dengan menggunakan jasa aqiqah ini anda sudah tidak perlu khawatir karena mau menu apapun bisa diolah disini.

Bentuk kegiatan aqiqah ini juga bisa dikatakan sebagai pendekatan kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan, khususnya yang baru melahirkan dan juga untuk sang bayi. Alangkah baiknya jika anda menyegerakan aqiqah ini karena sudah banyak jasa yang menyediakan, contohnya aqiqah Kediri dan juga beberapa kota besar di Indonesia lainnya.

Dengan team yang handal alhamduilla kami siap melayani di seluruh kecamatan wilayah Kediri seperti Kediri, Mojoroto, Pesantren, Badas, Banyakan, Gampengrejo, Grogol, Gurah, Kandangan, Kandat, Kayen Kidul, Kepung, Kras, Kunjang, Mojo, Ngadiluwih, Ngancar, Ngasem, Pagu, Papar, Pare, Plemahan, Plosoklaten, Puncu, Purwoasri, Ringinrejo, Semen, Tarokan, Wates, dan yang lainnya.

Jadi apabila anda sedang membutuhkan layanan paket aqiqah Kediri yang murah dan kambing anti prengus silahkan hubungi kami di WA 08180 273 1273.

Baca Artikel Terkait

Paket Aqiqah Surabaya Termurah Yang Amanah Kambing Anti Prengus