Hal yang Harus Disiapkan Diacara Aqiqah Anak

Untuk Anda yang sedang merencanakan acara Aqiqah, dan masih bingung? jika Anda sudah pernah melangsungkan sebuah acara Aqiqah mungkin tidak akan bingung lagi untuk merencanakan acara yang satu ini. Tapi jika kamu masih awam dengan acara Aqiqah ini pastinya Anda akan bingung dan kikuk dalam mempersiapkannya.

Saran terbaik dari kami adalah diskusi dulu hal ini dengan orang tua dan keluarga. Bisa saja orang tua atau keluarga Anda lainnya sudah memiliki pengalaman. Jika sudah Anda tanya dan masih juga bingung mengenai hal apa yang perlu disiapkan maka berikut ini beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk acara Aqiqah.

Hal yang Harus Disiapkan Diacara Aqiqah Anak

Hal yang Perlu Disiapkan

Berikut 5 hal yang harus dipersiapkan untuk acara Aqiqah:

1. Rencanakan Anggaran Aqiqah dengan Baik

Untuk bisa merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya Anda merencanakan secara detail dengan cara membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Anda bisa kok merencanakannya daro hari perkiraan kelahiran bayi.

Acara Aqiqah yang dianjurkan dalam agama Islam, sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke tujuh, ke empat belas dan ke dua puluh satu setelah kelahiran sang jabang bayi. Atau bisa juga pada hari yang lain, yang penting anak belum melewati masa balig.

Dengan menentukan tanggal pelaksanaan, Anda akan lebih mudah untuk menjabarkan keperluan lain yang di butuhkan. Dengan begitu Anda bisa memenuhi anggaran biaya yang diperlukan, karena adanya jangka waktu.

2. Tentukan Konsep Aqiqahnya

Kalau Anda ingin menyelenggarakan acara aqiqah dengan harga terjangkau, sebaiknya Anda perlu memikiri kan konsepnya. Karena konsep acara ini pastinya akan banyak berpengaruh pada anggaran biaya yang akan Anda keluarkan. Semakin sederhana konsep yang Anda buat untuk acara Aqiqah, maka biaya yang dibutuhkan juga akan semakin sedikit.

Ada baiknya, Anda pilih konsep acara aqiqah yang sederhana saja tapi tetap memiliki makna yang sama. Biasanya, dalam sebuah acara aqiqah kamu perlu untuk menghadirkan ustad untuk untuk memimpin acara do’a bersama di dalam acara ini.

Ada baiknya jika kamu mengundang ustad yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Selain lebih dekat, hal ini bisa mungkinan Anda untuk lebih menghemat anggaran untuk acara ini.

3. Undangan Secukupnya Saja

Usahakan supaya Anda tidak mengundang terlalu banyak orang dalam acara. Sebab, banyaknya tamu undangan juga akan membuat Anda kewalahan untuk menyediakan hidangan dan hal ini juga akan membuat anggaran acara Aqiqah Anda jadi membengkak.

Ada baiknya jika kamu mengundang ustad yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Selain lebih dekat, hal ini bisa mungkinan Anda untuk lebih menghemat anggaran untuk acara ini.

Hal yang perlu Anda ingat adalah, dalam acara Aqiqah ini Anda harus menyembelih kambing atau domba. Ada baiknya juga kamu pastikan daging kambing yang kamu sediakan ini cukup untuk tamu undangan yang hadir di dalam acara.

Baca juga: Anak Belum Aqiqah. Hukumnya Menurut Islam?

4. Pilih Jasa Aqiqah yang Cocok

Jika jaman dulu, biasanya orang akan repot jika mempersiapkan acara aqiqah mereka di rumah. Dengan menyelenggarakan acara ini di rumah, tentu saja akan menghabiskan cukup banyak waktu dan juga tenaga. Karena tentu saja Anda harus masak dan juga mempersiapkan daging kambing sendiri.

Namun, dengan perkembangan jaman saat ini Anda tidak perlu ribet lagi memikirkan hal ini. karena Anda sudah bisa order sesuai dengan keinginan kamu melalui jasa catering atau jasa Aqiqah.

5. Siapkan Dekorasi, Tenda dan Sound system

Di acara ini, ada beberapa orang yang pastinya ingin ikut memeriahkan acara dengan menggunakan dekorasi. Untuk menghemat budget Anda bisa mengsiasatinya dengan menggunakan dekorasi buatan sendiri yang simpel. Justru dengan membuat dekorasi yang sederhana dan juga khas bisa membuat Anda menonjolkan keunikan acara ini.

Dapatkan Layanan Aqiqah Profesional Amanah Sesuai Sunnah‎ dan Syariat Islam Bersama BALQIS AQIQAH : Telepon : 08180 273 1273 (bisa WA) atau 0851 034 55331

Comments are closed.