Penyebab Dan Cara Menghilangkan Nyeri Punggung Saat Hamil

Posted by on March 5, 2018 | 0 comments

Aqiqah Jogja – Nyeri punggung saat hamil dianggap sebagai salah satu faktor yang paling menjengkelkan pada tahap awal kehamilan. Studi menunjukkan bahwa sekitar 80% wanita hamil mengalami nyeri punggung pada suatu saat dalam kehamilan mereka. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengurangi nyeri punggung saat hamil sangat efektif.

penyebab dan cara menghilangkan nyeri punggung saat hamil

Penyebab Dan Cara Untuk Menghilangkan Nyeri Punggung Saat Hamil

 

Cara Mengurangi Nyeri Punggung Saat Hamil

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

1.1 Karena patologi

Terkadang, nyeri punggung berhubungan dengan linu panggul: ada rasa sakit di bokong dan di belakang kaki. Penyebabnya mungkin karena ligamen di punggung dan juga tulang pelvis Anda memiliki fungsi menurun.

1.2 Perubahan Progesteron

Perubahan hormonal selama kehamilan dapat merelaksasi sendi dan ligamen yang terhubung ke panggul atau tulang belakang. Progesteron atau hormon gestasional menyebabkan ligamen – hubungan antara panggul dan punggung bagian bawah – menjadi kotor sehingga kadang-kadang menyebabkan sakit parah di punggung. Ini hanya sedikit ketidaknyamanan hormon kehamilan karena, hormon ini berperan dalam membuat tulang pelvis lentur dan fleksibel. Dan kemudian panggul menjadi “ruang” untuk mendukung dan mendukung proses kerja paksa.

1.3 Otot perut melemah

Sebagai otot perut melakukan beberapa tugas seperti tekanan dari tubuh dalam postur perut Anda, fleksibilitas fleksibel.

Selama kram perut, otot perut hampir tidak mampu mempertahankan peran ini, sehingga otot menjadi “lemah” dan melebar oleh perkembangan otonom janin, sehingga terjadi kontraksi otot. Bagian belakang terjepit, menyebabkan sakit punggung pada wanita hamil. Beberapa wanita hamil di kehamilan kedua sering merasakan melonggarkan otot perut. Ini karena otot telah melunak pada kehamilan pertama.

1.4 Duduk di posisi yang salah

Wanita hamil duduk di lantai, memperbaiki tumit mereka ke lantai, memegang tangan mereka di belakang mereka untuk menahan berat badan mereka, dengan cara ini punggung bagian bawah ditempatkan dalam ketegangan dan rasa sakit. Selain itu, berdiri, bergerak atau mengangkat benda secara tidak benar juga berpotensi menyebabkan kerusakan otot punggung.

1,5 Posisi janin

Pada akhir kehamilan bisa menyebabkan sakit punggung pada kehamilan karena posisi janin. Saat membawa bayi di perut, punggung Anda adalah objek untuk menanggung semua berat bayi. Jika bayi berada di perut dengan punggung bayi kembali ke punggung ibu, itu akan memberi tekanan pada tulang punggung ibu. Untuk menahan beban ini, bagian belakang ibu hamil terpaksa ditekuk ke arahnya. sebelumnya Seiring pertumbuhan bayi, perut ibu tumbuh lebih kencang dan lebih berat sementara separuh bagian atas miring ke belakang, mengarah ke punggung membungkuk ke depan dan mulai lelah. Sehubungan dengan tanggal lahir (dari 5 bulan ke depan), sakit punggung ibu hamil akan meningkat dan “menyerang” hamil pada akhir hari, saat tubuhnya sudah kelelahan. kurangi nyeri punggung saat hamil

Inilah penyebab sakit punggung saat hamil. Apa cara mengurangi nyeri punggung saat hamil bagi ibu hamil? Mari temukan di bagian selanjutnya untuk menemukan jawabannya secara offline!

Baca juga : Ketahui Jenis – Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI.

 

Cara Mengurangi Nyeri Punggung Saat Hamil

  1. Ketahuilah batasan anda sendiri

Jangan mencoba mengangkat benda berat. Jika Anda harus membungkuk untuk mengambil benda berat, lakukan hal yang benar. Jangan menekuk pinggang, tekuk bantal atau jongkok dan angkat. Jangan regangkan otot punggung Anda. Berikut cara mengurangi nyeri punggung saat hamil pertama, labu sederhana bisa dengan mudah diaplikasikan.

  1. Pertahankan postur tubuh yang benar

Cara terbaik kedua untuk menghilangkan sakit punggung adalah dengan selalu menjaga postur tubuh yang benar:

Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Jangan berdiri dengan satu kaki. Terkadang, duduk kembali di kursi, terutama setelah berdiri untuk waktu yang lama.

Saat duduk di kursi untuk mengambil kursi, gunakan bantal dan usahakan tetap tegak lurus.

Berdiri tegak dengan bahu santai.

Saat bekerja atau mengemudi, ibu hamil mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan sabuk pengaman. Cobalah untuk tidak menyilangkan kaki dan mengatur jarak antara layar komputer dan kursi. Cobalah untuk meninggalkan meja sesekali dan hirup udara segar pada waktu makan siang.

  1. Hati-hati saat melakukan pekerjaan rumah tangga, hindari kerja paksa.

Jika Anda balita dan memiliki kehamilan kedua, berhati-hatilah saat mengangkat bayi. Usahakan untuk berlutut atau berjongkok untuk menopang bayi Anda.

Memilih pakaian yang tepat juga merupakan cara yang baik untuk meringankan sakit punggung saat hamil.

Pakailah bra ukuran yang tepat, pastikan kaosnya cukup lebar untuk tidak meremas bahu dan dada.

Kenakan sabuk pengaman atau pakai popper perut untuk wanita labu.

Hindari memakai pakaian ketat selama kehamilan karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke otot punggung.

Anda harus berhenti memakai sepatu hak tinggi selama kehamilan sampai bayi Anda lahir. Dokter menyarankan untuk memakai sepatu bertumit rendah, meski tidak modis namun akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi ibu dan bayi.

  1. Akupunktur

Akupunktur adalah terapi penyembuhan pengobatan China yang menggunakan jarum kecil untuk merangsang beberapa titik pada tubuh untuk meringankan sakit punggung. Studi telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa efektif dalam mengurangi nyeri punggung saat hamil. Ini adalah cara untuk meringankan sakit punggung saat hamil dengan cukup cepat karena bekerja dengan benar saat selesai. Tapi banyak ibu khawatir dengan metode ini karena khawatir akan mempengaruhi janin.

  1. Perhatikan postur tubuh Anda saat tidur

Berbaringlah di satu sisi saat tidur dan tidak berlutut. Menggunakan bantal U untuk wanita hamil atau menjepit di antara kaki dan memasukkan bantal di bagian belakang saat tidur akan membantu induk labu lebih nyaman.

  • Tidur di bantal keras menciptakan permukaan yang rata
  • Bila Anda bangun dari tempat tidur, balikkan orang ke samping, perlahan dorong orang itu dan kemudian berdiri. Konsultasikan dengan ginekolog Anda untuk latihan peregangan dan latihan yang kurang menegangkan untuk Anda. Latihan ini bisa membantu mengurangi nyeri punggung dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Jika dokter Anda setuju, Anda bisa mencoba pijatan lembut.
  • Jangan minum obat apapun tanpa sepatah katamu karena bisa menimbulkan komplikasi selama kehamilan.
  1. Aromaterapi

Bersantai di tempat mandi air hangat dengan beberapa tetes minyak esensial lavender akan menjadi cara efektif untuk meringankan sakit punggung saat hamil. Namun, jangan menggunakan minyak esensial lavender secara teratur selama 3 bulan pertama kehamilan karena bisa merangsang kontraksi rahim.

  1. Latihan kardiovaskular membantu meringankan sakit punggung saat hamil

Aktivitas yang meningkatkan denyut jantung untuk jangka waktu tertentu disebut latihan kardiovaskular. Berjalan kaki, bersepeda, berenang aman bagi kebanyakan wanita hamil dan bisa dilakukan sekitar 20 – 45 menit / hari, 3-5 hari / minggu. Berolahraga pada tingkat sedang atau sedang, sebaiknya tidak berolahraga. Ingat bahwa latihan apapun lebih baik daripada tidak berolahraga, bahkan 10 menit berjalan saat makan siang sangat bermanfaat.

  1. Obat herbal

Hal ini dimungkinkan untuk menggunakan obat herbal untuk sakit punggung tapi hati-hati selama kehamilan bila tidak terbukti benar-benar aman. Untuk membuat perawatan ini cara mengurangi nyeri punggung saat hamil, ibu harus berkonsultasi dengan dokter spesialis!

  1. Stress

Keyakinan adalah cara untuk membantu melepaskan diri. Ibu hamil bisa mencoba beberapa latihan yoga dan meditasi akan membantu otak dan kembali rileks.

  1. Nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi ibu hamil dalam memberikan nutrisi untuk diri mereka sendiri dan agar janin tumbuh sehat. Selain itu, diet yang masuk akal juga merupakan cara untuk mengurangi nyeri punggung pada kehamilan bagi para suster. Bisa dijelaskan bahwa kekurangan gizi selama kehamilan akan menyebabkan kelelahan, kurang kekuatan dan, tentu saja, sakit punggung.

Cara mengurangi nyeri punggung saat hamil

Anda harus mengendalikan kenaikan berat badan selama kehamilan karena berat badan ekstra memberi tekanan ekstra pada punggung Anda. Diet seimbang merupakan aspek penting dalam kehamilan yang sehat. Diet seimbang lemak, protein, cukup air dan banyak buah dan sayuran akan menjamin nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Jangan menggunakan kafein adalah cara alami untuk menghindari sakit punggung.

Nyeri punggung dapat dikaitkan dengan kehamilan, osteoarthritis, atau rheumatoid arthritis tapi ini bukan masalah umum.

  1. Kompres Panas / dingin

Menggunakan kompres panas atau dingin adalah cara untuk menghilangkan nyeri punggung saat hamil sementara. Pijat juga bermanfaat bagi wanita hamil dengan nyeri punggung.

Kehamilan dianggap masa sensitif. Profesional kesehatan menggunakan tindakan pencegahan khusus untuk menjamin kesehatan ibu dan perkembangan janin. Karena itu, jangan abaikan gejala yang berhubungan dengan nyeri punggung saat hamil. Jika tidak terselesaikan secara menyeluruh, gejala ini dapat memperpanjang dan mempengaruhi kehidupan ibu dan kesehatan setelah melahirkan. Penting untuk memahami dasar-dasar nyeri punggung, dan memiliki pendekatan pencegahan dan terapi yang tepat.