Cara Membuat Proposal Usaha Aqiqah Anti Gagal

Posted by on July 11, 2019 | 0 comments

Anda Ingin Usaha Aqiqah? Beginilah cara membuat proposal usaha aqiqah anti gagal untuk mitra anda.

Cara Membuat Proposal Usaha Aqiqah

Cara Membuat Proposal Usaha Aqiqah Anti Gagal

BALQIS AQIQAH – Aqiqah merupakan hajatan umat muslim yang sunnah hukumnya dilakukan oleh orangtua. Dari segi bahasa, aqiqah berarti sebutan untuk rambut bayi sejak dilahirkan. Menurut istilah aqiqah maknanya hewan yang disembelihkan ketika menggundulkan kepala sang bayi.

Saat ini, masa modern banyak penyedia aqiqah yang dimanfaatkan oleh banyak orang. Untuk menawarkan jasa tersebut biasanya pebisnis menyediakan proposal. Berikut ini ulasan seputar aqiqah, cara pembuatan proposal usaha aqiqah dan manfaatnya.

Proposal Bisnis Aqiqah

  1. Manfaat Proposal Bisnis Aqiqah

Proposal diperlukan untuk memulai kegiatan bisnis yang dilakukan individu maupun kelompok. Biasanya proposal usaha misalnya untuk aqiqah memuat profil usaha, estimasi dana, rincian anggaran, dan unsur lainnya.

Manfaat dari membuat proposal usaha aqiqah sebagai sarana untuk menjabarkan analisis berbagai aspek usaha aqiqah. Selain itu, dapat dijadikan landasan maupun acuan bagi pemilik bisnis aqiqah untuk menjalankan bisnisnya.

Proposal aqiqah sangat membantu pemilik bisnis mengembangkan dan menguji strategi bisnis. Sehingga dapat berjalan sesuai arahan dan target dari usaha aqiqah sendiri. Dapat dijadikan media komunikasi dan informasi perihal aqiqah terhadap mitra bisnis atau pelanggan. Selain itu, bermanfaat untuk relevansi dan evaluasi finansial.

Cara Membuat Proposal Usaha Aqiqah

2. Pengetahuan Seputar Aqiqah

Sebelum membuat proposal aqiqah, anda harus tahu pengertian dari aqiqah sendiri. Berupa sebuah amalan yang telah disyariatkan oleh banyak ulama. Diantaranya Ibnu Abbas dan Ibnu Umar, serta  beberapa fuqoha tabi’n.

Dalil aqiqah berdasarkan hadits Salman bin Amir bahwa Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wasallam bersabda. Setiap anak lelaki yang lahir harus diaqiqahi. Jadi akan disembelih aqiqahnya agar dihilangkan semua gangguan syaiton darinya.

Selanjutnya hadits dari Samuroh bin Jundub yaitu Rasulullah Salallahu‘alaihi Wasallam dalam sabdanya. Bahwa setiap anak akan tergadaikan melalui aqiqahnya. Kemudian disembelih aqiqah pada hari ketujuh Digundulkan rambutnya dan diberilah ia ssebuah nama.

Sayyid Sabiq Rahimahullah juga mengemukakan pandangannya. Ia menegakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad artinya sunnah yang teramat disarankan. Walaupun kondisi orangtua yang menyelenggarakan aqiqah kurang berkecukupan atau dengan kata lain susah.

Kunjungi juga : Layanan Jasa aqiqah Bekasi.

Cara Membuat Proposal

3. Syarat Hewan Aqiqah

Hewan yang dijadikan aqiqah menjadi tidak sah jika memiliki aib. Oleh sebab itu, hewan harus terlepas dari aibnya. Tercermin dari firman Allah SWT ‘Terhadap kalian orang-orang beriman, nafkahkanlah pada jalan Allah sebagian hasil usahamu. Serta sebagian dari apa yang Allah berikan dari bumi kepadamu.

Janganlah memilih hal yang buruk-buruk, kemudian kamu menafkahkan darinya. Padahal kamu tidak mau mengambilnya tetapi memincingkan mata terhadap itu. Ketahuilah bahwa Allah SWT adalah zat Maha Kaya dan lagi Maha Terpuji.

Faedah aqiqah sendiri bagi anak yang tegadaikan karena aqiqahnya. Menurut Imam Ahmad bin Hambal berpendapat, apabila seorang anak tidak diaqiqahi maka tidak memberi syafa’at bagi orang tuanya.

Sementara itu, bagi sebagian besar ulama menafsirkan bagi setiap anak akan tergadaikan dengan aqiqahnya. Arti sesungguhnya aqiqah adalah sebab terlepas dari kegelisahan karena maslahat agama dan duniawi.

Hatinya bayi yang diaqiqahkan lebih lega. Berbeda dengan anak yang tidak diaqiqahi, keadaannya tetap resah dan tampak seperti orang berutang yang menggadaikan barang miliknya. Intinya,  aqiqah menyebabkan anak yang akan mendapatkan kemaslahatan. Tetapi hatinya tidak begitu gelisah, semakin dipermudah melakukan aktivitas.

3. Contoh proposal usaha aqiqah

Proposal Usaha Aqiqah Satu Syawal

Bismillahirrohmanirrohim, anti gagal!

Tahukah anda Aqiqah disunahkan oleh Rasulullah SAW. Anak yang tergadaikan aqiqahnya akan dibebaskan dari kemaslahatan akibat duniawi dan syaiton didalamnya. Sebaiknya aqiqahkanlah anak anda segera, masalah pendanaan jangan terlalu dipusingkan.

Kami aqiqah dengan harga bersahabat dan profesional menyediakan menu siap saji hadir bagi keluarga muslim di Indonesia. Jasa catering syar’i khusus aqiqah, ada menu kambing, sapi, sampai domba sehat. Serta masakan yang diracik bumbu rahasia dan proses yang islami menjadikan rasa lebih nikmat.

Senang rasanya apabila tanggungjawab kami terpenuhi untuk membahagiakan dan menyukseskan acara anda. Anda tidak akan repot-repot lagi mengurus keperluan aqiqah. Cukup menghubungi kami via telepon, sms, atau by whatsapp. Insyallah, kami siap membantu permasalahan anda.

Pengalaman jasa aqiqah kami telah lebih dari 5 tahun dan terjamin keberkahannya. Kami terus berusaha mengedepankan kebahagiaan pelanggan dan keluarga. Agar aqiqahnya berjalan dengan lancar dan sesuai syariat Islam.

Baca juga : Jasa aqiqah Klaten Terbaik

I. Hukum Aqiqah Bagi Bayi

Diriwayatkan dari beberapa hadist bahwa hukum aqiqah adalah sunnah. Seperti Sayyid Sabiq  mengatakan, aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad atau yang paling disarankan. Tidak masalah apabila sanga bapak dari anak tersebut dalam keadaan susah.

Rasulullah Sallallahu‘alaihi Wasallam masih melakukan aqiqah dan begitu pula para sahabat. Telah diriwayatkan dari penyusun Kitab Sunan, bahwa Nabi Muhammad SAW juga sempat mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain. Dengan masing-masing seekor kambing.

II. Bolehkah Aqiqah Selain Dari Kambing

Menurut madzhab Hanafi, Hambali, dan Syafi’i dibolehkan melakukan aqiqah selain daripada kambing. Tetapi dapat tergolong jenis Al-An’am misalnya unta dan sapi.  Hewan yang diaqiqahkan sama dengan ibadah qurban.  Status sapi atau kambing aqiqah mewakili tujuh bagian. Namun ulama lain tidak memperkenankan hewan aqiqah selain domba dan kambing.

III. Hukum Mengaqiqahi Diri Sendiri Saat Dewasa

Semua ulama setuju bahwa waktu untuk melakukan aqiqah paling afdhol dihari ketujuh dari kelahiran. Hukum waktu aqiqah berdasarkan hadis Samurah bin Jundub bahwasanya perhitungan aqiqah diawali sejak hari pertama kelahiran. Selanjutnya ditambahkan enam hari berikutnya.

Namun jika berhalangan atau belum mampu melaksanakan aqiqah dihari ketujuh. Aqiqah dapat dikerjakan setelah itu hingga memiliki kemampuan. Dapat pula dilakukan aqiqah oleh sang anak sendiri ketika berusia dewasa.

Berdasarkan hadist dari Imam Tabrani bahwa Rasulullah SAW mengakikahi dirinya sendiri ketika berusia dewasa. Setelah beliau diutus sebagai Nabi oleh Allah SWT.

IV. Mengapa Kami Pilihan Yang Tepat

Setelah menyimak ulasan seputar aqiqah diatas yang bermanfaat bagi si buah hati. Maka, kami menghadirkan berbagai pilihan paket istimewa kami yang ramah kantong. Sehingga Abi dan Umi tidak pusing dengan anggaran aqiqah.

Dalam semua pilihan paket aqiqah berupa 1 kambing utuh yang akan diolah dan siap saji. Setiap paketnya, Ami dan Abi akan mendapatkan 4 menu masakan istimewa. Jika kurang pas, dua menu pilihan dapat diganti dan dua lainnya merupakan menu paket. Anda tidak salah memilih kami, harga bersahabat mulai dari 1 jutaan!

V. Menu Aqiqah Anti Gagal

Menu Andalan

Menu aqiqah andalan kami:

  1. Daging sate
  2. Tulang dan jeroan gulai
  3. Rica kepala kambing
  4. Oseng kulit kambing

Catatan :

Menu nomor 1 dan 2 dapat diganti dengan menu lainnya karena merupakan menu pilihan. Sedangkan menu nomor 3 dan 4 tidak dapat diganti karena merupakan menu paket.

Menu Alternatif

Jasa aqiqah anti gagal kami tentu mengutamakan kesuksesan acara Abi dan Umi. Oleh sebab itu, menu kami tidak hanya diatas saja. Kami juga menyediakan menu alternatif berikut yang dapat disesuaikan dengan selera.

  • Empal
  • Tongseng
  • Sup
  • Asem-asem
  • Semur
  • Bistik
  • Tengkleng

Paket Nasi Box

Kami juga menyediakan pilihan paket nasi box, agar mempermudah Abi dan Umi membagikan kepada keluarga dan kerabat. Berikut menu paket nasi box kami.

Paket I @Rp 8.000,-

  • Nasi
  • Kerupuk
  • Acar

Paket II @Rp 10.000,-

  • Nasi
  • Kerupuk
  • Acar
  • Buah

Paket III @Rp 12.000,-

  • Nasi
  • Kerupuk
  • Acar
  • Buah
  • Snack

VI.Penutup

Demikianlah penawaran dari jasa aqiqah kami, terjamin kualitas dan prosesnya sesuai syariat Islam. Jangan ragu hubungi kami melalui Telpon, SMS, dan Whatsapp. Kami siap membantu Abi dan Umi menyukseskan acara aqiqah si kecil.

Wassalamualaikum,wr.wb.

Demikian artikel terkait cara membuat proposal usaha aqiqah anti gagal kami tulis, semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda dalam menjalankan usaha catering aqiqah untuk melayani segenap masyarakat.

Baca artikel kami lainnya