Manfaat Aqiqah yang Akan Didapatkan Ketika Melakukannya

Manfaat Aqiqah, Semua ibadah yang telah disyariatkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan juga para Rasul pastinya memiliki maksud, tujuan dan juga manfaatnya untuk kita ataupun bagi orang yang melaksanakan syariat tersebut.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga menegaskan bahwa dalam penciptaan langit dan juga bumi, sesungguhnya sudah terdapat tanda-tanda untuk orang berpikir. Maka dari itu tujuan aqiqah ini bukan hanya untuk menyembelih hewan saat kelahiran anak bayi saja. Sebagai dari fikih ibadah, akikah ini mengandung banyak hikmah dan juga manfaat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai manfaat dan fungsi dari ibadah aqiqah.

Manfaat Aqiqah yang Akan Didapatkan Ketika Melakukannya

Apa itu aqiqah ?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat aqiqah, alangkah lebih baik lagi jika kamu tahu dulu apa pengertian dari aqiqah. Aqiqah ini merupkan ibadah Sunnah Muakkadah yang disyariatkan, kemudian dilaksanakan ketika kelahiran sang bayi dan dilakukan dengan proses menyembelih hewan aqiqah.

Keutamaan Aqiqah

Mendapat sebuah pahala karena menjalankan Sunnah Rosul. Melaksanakan sunnah dari Rasul sama saja dengan membuktikan kalau diri kita ini mencintai Nabi Muhammad dan mencintai agama Islam.

Mengapa seperti itu? Karena semua sumber dasar dari Islam ini ada pada Al-Quran dan As Sunnah. Yang mana aqiqah adalah ini ada didalam sunnah itu.

Dengan menghilangkan kotoran dan juga penyakit. Aqiqah ini juga disertai dengan mencukur rambut pada bayi dengan niat untuk menghilangkan kotoran dan penyakit.

Dengan meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Pada acara aqiqah ini biasanya disertai dengan pembacaan Al-Quran di 30 juz, atau biasa juga membaca yasin dan tahlil. Tapi ada juga beberapa orangg yang membaca doa-doa lainnya.

Hal ini membuat pelaksana aqiqah menjadi meningkatkan rasa cinta dan ibadahnya dengan berbuat demikian.

Mendoakan sang bayi. Pada aqiqah ini biasanya disertai doa-doa untuk mendoakan bayi supaya bisa menjadi keuntungan untuk bayi yang tiada terhintung jumlahnya.

Meningkatkan rasa cinta sosial sesama umat muslim. Dengan membagikan aqiqah pada sesama muslim, hal ini bisa meningkatkan rasa solidaritas kamu dengan sesama muslim sehingga menumbuhkan cinta terhadap sesama muslim.

Baca juga: Tata Cara Aqiqah yang Benar Dalam Syariat Islam

Manfaat Aqiqah

  • Memberikan berita baik mengenai kelahiran anak kepada seluruh tetangga sekaligus dengan memberikan informasi tentang nasab anak supaya tidak terjadi persangkaan buruk oleh para tetangga.
  • Mencerminkan sebuah sikap murah hati dan juga dermawan yang nantinya akan menghilangkan sikap bakhil , kikir, dan pelit.
  • Mengikuti jejak dari Nabi Ibrahim ketika beliau mau menyembelih anaknya yaitu Ismail tapi digantikan dengan seekor domba.
  • Merupakan sebuah wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.
  • Semoga dikabulkannya semua doa untuk bayi karena orangtua dari bayi bersedia berqurban.
  • Melepaskan status anak tergadai, karena untuk anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi status anak ini adalah tergadai. Yang mana jika tergadai ya harus ditebus terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan manfaatnya.
  • Sebagai pembebas anak dari gangguan setan, karena anak yang baru lahir ke dunia akan senantiasa diganggu oleh setan.
  • Sebagai penghambat dari setan untuk mengganggu bayi, sehingga si bayi akan lebih terlindungi, karena setan akan terus berusaha untuk menjadikan bayi ini jadi pengikutnya.

Demikian seputar manfaat aqiqah dan keutamaan aqiqah yang bisa kita bahas dikesempatan kali ini. Apapun ibadah yang kita lakukan, semoga didasarkan dengan rasa ikhlas untuk menjalankan ajaran Islam. Sehingga manfaat yang akan kamu dapatkan bisa mencakup kebaikan agama baik di dunia hingga di akhirat kelak.

Comments are closed.