Perbedaan Aqiqah Dan Qurban yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak di antara kalian yang masih keliru tentang perbedaan aqiqah dan qurban. Meskipun sudah banyak yang menyadari perbedaan antara keduanya, tapi sebagian orang masih ada yang mengira bahwa aqiqah dan qurban ini adalah hal yang sama.

Aqiqah dan qurban ini sama-sama merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara mengurbankan hewan yaitu kambing. Untuk lebih mengerti tentang perbedaan aqiqah dan qurban mari kita bahas dulu mengenai pengertiannya.

Perbedaan Aqiqah Dan Qurban yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian Aqiqah dan Qurban

Aqiqah

Seperti yang disebutkan di dalam Wikipedia bahwa pengertian aqiqah ini adalah pengorbanan hewan yang ada di dalam syariat islam, pengorbanan ini merupakan bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang bayi ke dunia.

Hukum dari aqiqah ini termasuk sunah muakadah. Aqiqah ini dilakukan supaya bayi ini bisa terlepas dari kekangan jin yang sudah ada sejak dia lahir. Hikmah aqiqah ialah:

  • Membebaskan seorang anak dari ketergadaian
  • Pembelaan orang tua dikemudian hari
  • Menghindarkan seorang anak dari musibah dan juga kehancuran, seperti pengorbanan dari Nabi Ismail dan Ibrahim
  • Pembayaran hutang orang tua untuk anaknya
  • Menyambut kedatangan anak yang baru lahir
  • Sumber jaminan sosial dan juga menghapus kemiskinan di dalam masyarakat
  • Melepaskan anak dari godaan setan di dalam urusan dunia dan juga akhirat

Qurban

Qurban ini merupakan suatu ibadah yang sebenarnya ada di setiap agama, qurban ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan seorang umat kepada tuhannya. Namun dalam agama islam qurban ini merupakan hari raya yang cukup dinantikan, karena di hari raya ini bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Qurban ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Hukum dari qurban juga Sunnah muakadah. Jika kamu memang tidak mampu untuk melakukan qurban kamu tidak akan mendapat dosa.

8 Perbedaan Aqiqah dan Qurban

1.Tujuan

Pertama ini dari tujuannya, aqiqah ini dilakukan sebagai penebus atas kelahiran seorang bayi manusia ke dunia, sedangkan Qurban ini dilakukan sebagai sunnah yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW dan untuk memperingati pengorbanan dari Nabi Ibrahim AS.

2.Wujud daging yang diberikan

Kedua dari wujud dagingnya, daging aqiqah ini disedekahkan dalam keadaan sudah dimasak dan siap dimakan, sedangkan untuk daging qurban diberikan dalam keadaan belum dimasak.

3. Pemberian daging

Ketiga dari pemberian daging, daging aqiqah ini diberikan kepada siapa orang yang ada dilingkungan sekitar, sedangkan untuk daging qurban diberikan kepada fakir miskin.

4. Sunnah

Keempat adalah Sunnah, kaki belakang dari hewan aqiqah ini diberikan kepada bidan yang membantu membantu kelahiran dari bayi, sedangkan untuk kaki belakang hewan qurban bebas diberikan ke siapa saja.

Baca juga: Tata Cara Aqiqah yang Benar Dalam Syariat Islam

5. Waktu pelaksanaan

Kelima adalah waktu pelaksanaannya, aqiqah ini dianjurkan dilaksanakan pada hari ke-7 dari kelahiran sang bayi, sedangkan untuk qurban biasanya dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijjah.

6. Jenis hewan

Keenam jenis hewan, untuk aqiqah hanya hewan kambing yang disyaratkan sedangkan pada qurban hewannya bisa sapi, kambing, hingga unta.

7. Jumlah pelaksanaan

Ketujuh adalah jumlah pelaksanaan, aqiqah ini hanya dilakukan sekali seumur hidup, sedangkan untuk qurban bisa kamu lakukan setiap tahun.

8. Jumlah hewan

Kedelapan adalah jumlah hewan, dalam aqiqah disyaratkan untuk mengurbankan 1 ekor kambing untuk bayi perempuan dan 2 ekor kambing untuk seorang bayi laki-laki, sedangkan dalam qurban, minimal satu ekor dan bisa bersifat kelompok.

Itulah perbedaan dari aqiqah dan qurban yang sudah kita rangkum dari berbagai sumber yang ada. Walapun hakikatnya berbeda, tapi keduanya ini merupakan sunnah yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Comments are closed.