Hewan Aqiqah yang Sesuai Dengan Syariat Islam

BALQIS AQIQAH. Biasanya hewan yang digunakan dalam aqiqah adalah kambing/domba. Hal ini berdasarkan persetujuan dari ulama. Untuk anak laki laki dibutuhkan sebanyak 2 ekor kambing/domba dan untuk anak perempuan dibutuhkan seekor kambing/domba. syarat umur kambing aqiqah, syarat dan ketentuan aqiqah,

Berikut ini adalah ketentuan hewan aqiqah yang diperbolehkan antara lain:

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban). Yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

SYARAT HEWAN AQIQAH SESUAI SYARIAT ISLAM

Adapun syarat hewan kambing yang dapat dijadikan aqiqoh itu sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sbb:

  • Kambing: sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
  • Domba: sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
  • Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
  • Dagingnya tidak boleh dijual.

Hewan Sembelihan

Hewan yang dibolehkan disembelih untuk aqiqah adalah sama seperti hewan yang dibolehkan disembelih untuk kurban, dari sisi usia dan kriteria.

Imam Malik berkata:

Aqiqah itu seperti layaknya nusuk (sembeliah denda larangan haji) dan udhhiyah (kurban), tidak boleh dalam akikah ini hewan yang picak, kurus, patah tulang, dan sakit.

Imam Asy-Syafi’i berkata:

Dan harus dihindari dalam hewan aqiqah ini cacat-cacat yang tidak diperbolehkan dalam qurban.

Harga kambing untuk aqiqah Sesuai Syariat Islam

Ibnu Abdul Barr berkata:

Para ulama telah ijma bahwa di dalam aqiqah ini tidak diperbolehkan apa yang tidak diperbolehkan di dalam udhhiyah, dari Al Azwaj Ats Tsamaniyyah (kambing, domba, sapi dan unta). Kecuali pendapat yang ganjil yang tidak dianggap. syarat kambing aqiqah sesuai sunnah,

Namun di dalam aqiqah tidak diperbolehkan berserikat (patungan, urunan) sebagaimana dalam udhhiyah, baik kambing/domba, atau sapi atau unta.

Sehingga bila seseorang akikah dengan sapi atau unta, itu hanya cukup bagi satu orang saja, tidak boleh bagi tujuh orang.

Kadar Jumlah Hewan

Kadar aqiqah yang mencukupi adalah satu ekor baik untuk laki-laki atau pun untuk perempuan, sebagaimana perkataan Ibnu Abbas rahimahulloh:

“Sesungguh-nya nabi S.A.W mengakikahi Hasan dan Husain satu domba satu domba.” (Hadis shahih riwayat Abu Dawud dan Ibnu Al Jarud)

Ini adalah kadar cukup dan boleh, namun yang lebih utama adalah mengaqikahi anak laki-laki dengan dua ekor, ini berdasarkan hadis-hadis berikut ini[7]:

Ummu Kurz Al Ka’biyyah berkata, yang artinya:

“Nabi S.A.W memerintahkan agar dsembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua ekor domba dan dari anak perempuan satu ekor.” (Hadis sanadnya shahih riwayat Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan)

Dari Aisyah Radhiallaahu anha berkata, yang artinya:

“Nabi S.A.W memerintahkan mereka agar disembelihkan akikah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor.” (Shahih riwayat At Tirmidzi)

dan karena kebahagian dengan mendapatkan anak laki-laki adalah berlipat dari dilahirkannya anak perempuan, dan dikarenakan laki-laki adalah dua kali lipat wanita dalam banyak hal. perbedaan syarat kambing aqiqah dengan kambing qurban

Dapatkan Layanan Aqiqah Profesional Amanah Sesuai Sunnah‎ dan Syariat Islam Bersama BALQIS AQIQAH : Telepon : 08180 273 1273 (bisa WA) atau 0851 034 55331

Comments are closed.