Menghitung Perkiraan Biaya Aqiqah yang Efektif

Posted by on May 24, 2018 | 0 comments

Bagi calon orang tua atau bahkan yang baru saja menjadi orang tua pasti akan mempersiapkan aqiqah bagi buah hatinya jika mengikuti syariat islam yang mengharuskan untuk segera melakukan aqiqah jika mampu. Salah satu yang menjadi masalah dalam menggelar suatu acara adalah mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelenggarakan aqiqah. Seperti yang kita tahu jumlah ekor kambing untuk aqiqah anak laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan aqiqah anak perempuan. Oleh karena itu, biaya untuk melaksanakan aqiqahpun juga berbeda antara anak laki-laki dan anak perempuan.

Penting bagi para orang uta utnuk menghitung rincian dari perkiraan biaya aqiqah bahkan ketika bayi anda masih berada dalam kandungan. Pada saat anda mengetahui jenis kelamin dari anak anda dengan cara USG maka pada saat itu pula anda bisa memulai untuk mengestimasi biaya aqiqah untuk anak anda.

Menghitung Anggaran Biaya Aqiqah

 

Bagi anda yang mencari informasi mengenai biaya aqiqah anak laki-laki atau anak perempuan tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai perkiraan biaya aqiqah yang harus anda pertimbangkan dan tips menghemat biaya aqiqah. Dengan membaca artikel ini maka biaya aqiqah dapat ditekan seminimal mungkin, namun memberikan kepuasan yang maksimal. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Batasan Dikatakan Mampu Melaksanakan Aqiqah

Hadirnya buah hati dalam suatu keluarga merupakan suatu hal yang membahagiakan dan perlu disyukuri. Dalam islam sendiri, kebahagian yang kita miliki dianjurkan untuk dibagikan kepada orang lain. Bentuk rasa syukur tersebut menurut syariat islam bisa dilaksanakan dengan melaksanakan ibadah aqiqah. Menurut firman Allah SWT dalam melaksanakan aqiqahtidak perlu dilakukan dengan berlebih-lebihan sekalipun anda berkecukupan dan mampu untuk melaksankannya karena Allah SWT tidak menyukai suatu hal yang berlebihan dan bermewah-mewahan.  Seperti firman Allah SWT yang ada di surah Al A’raf ayat 31:

Firman Allah SWT Agar tidak Berlebihan

Pertanyaan yang sering muncul dipikiran orang-orang yang akan melaksanakan aqiqah adalah bagaimana batasan dikatakan mampu melaksanakan aqiqah? Jika kita berbicara mengenai mampu dan tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah. Sebenarnya, sebagian dari mereka akan merasa berat. Namun, melaksanakan aqiqah merupakan sunnah muakad dan merupakan tuntutan agama.

Jadi, definisi mampu dalam hal ini adalah mampu atau tidak mampunya seseorang bergantung pada imannya kepada Allah SWT. Ada orang yang serba berkecukupan dalam membeli barang yang mewah dan mahal namun ia merasa tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah. Selain itu, untuk melaksanakan aqiqah semuanya bergantung pada niat.

Jika kita sudah membulatkan tekad dan niat untuk melaksanakan aqiqah, namun ketika kita mempersiapkan di jauh-jauh hari maka semua itu akan terasa lebih ringan. Yang paling penting adalah melaksanakan aqiqah untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah

Tips Menghemat BIaya Aqiqah

Memang untuk melaksanakan aqiqah dibutuhkan biaya yang mahal dan tidak sedfikit namun bukan berarti hal tersebut tidak mampu untuk disediakan. Kebanyakan kasus yang terjadi di masyarakat adalah  kurangnya persiapan pada saat akan melaksanakan aqiqah sehingga akan terjadi suatu kebingungan yang untuk selanjutnya mereka akan berdalih tidak mampu untuk melaksanakannya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut berikut akan kami jelaskan mnegeni tips untuk menghemat biaya aqiqah anak kesayangan anda yang baru lahir.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Perencanaan Budget yang Baik

Tips menghemat biaya aqiqah yang pertama adalah dengan merencanakan budget dengan sebaik mungkin. Perencanaan merupakan suatu hal yang penting, anda dapat melakukan rencana aqiqah ini bersama dengan keluarha kecil anda, tidak perlu melibatkan keluarga besar jika mampu diselenggarakan secara mandiri.

Perencanaan budget aqiqah ini bisa anda lakukan setelah mengetahui jenis kelamin dari janin yang anda kandung. Apakah bayi laki-laki ataukah bayi perempuan. Untuk aqiqah bayi laki-laki anda harus menyediakan 2 ekor kambing dan untuk bayi perempuan anda hanya perlu menyediakan 2 ekor kambing, tidak masalah apakah jenis kelamin kambing jantan atau pun betina.

Selain itu, pastikan anda memperkirakan juga total dana yang dibutuhkan untuk keperluan pelaksanaan aqiqah yang lainnya. Dengan begitu, maka anda bisa mulai untuk menyusun strategi untuk mendapatkan dana tersebut. Anda bisa mengikuti arisan aqiqah, menabung dari gaji suami atau meminta bantuan dari keluarga besar.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Hindari Berhutang

Pada saat akan melaksanakan acara aqiqah, pastikan anda tidak mendapatkan dana dengan cara berhutang karena hal ini akan memberatkan di kemudian hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mensiasatinya dengan cara menyimpan sebagian uang dari gaji bulanan yang didapatkan.

Memang ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa boleh melaksanakan aqiqah dengan cara berhutang. Namun, jika kita pertimbangkan membayar hutang hukumnya adalah wajib. Walaupun seseorang sudah meninggalpun, hutang tidak dapat dianggap lunas begitu saja. Akan ada perhitungan di akhirat jika pada saat hutang didunia masih belum terselesaikan.

Disisi lain, melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad yang artinya jika dilakukan akan mendapatkan pahala namun apabila tidak dilakukan tidak akan berdosa. Keputusan selanjutnya kembali lagi kepada anda sebagai shohibul hajat.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Menyusun Anggaran Biaya Aqiqah yang Efektif

Anggaran aqiqah sendiri biasanya akan meliputi masalah tempat pembelian kambing, jumlah dan jenis kambing yang akan dibeli, apakah melaksanakan aqiqah sendiri atau menggunakan jasa aqiqah, acara aqiqah akan diselenggarakan dengan konsep seperti apa. Itu semua bergantung pada anda dan yang paling penting sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Anda bisa menyusun anggaran biaya aqiqah dengan menggunakan dua cara. Cara pertama, anda bisa memperkirakan kemampuan total dana yang bisa anda sediakan . selanjutnya anda bisa melakukan breakdown menjadi bagian-bagian kecil berdasarkan pada pos-pos tertentu dengan format acara aqiqah yang sudah ditetapkan. Kedua, anda bisa menyusun rangkaian acara mulai dari bagian kecil hingga yang besar beserta dana yang dibutuhkan. Selanjutnya anda bisa mentotal dana yang dibutuhkan untuk menggelar acara aqiqah. Sediakan juga dana cadangan untuk mengantisipasi adanya hal-hal tidak terduga sebesar 10% dari total dana.

Nah berikut ini kami akan memberikan contoh perkiraan biaya aqiqah anak laki-laki.

BIayaDana
Pembelian Kambing 2 ekorRp. 6.000.000
Bumbu dan Keperluan MemasakRp. 900.000
Tukang JagalRp. 200.000
Juru Masak 3 orangRp. 750.000
Jajan atau SnackRp. 300.000
Kartu Undangan dan Ucapan Selamat AqiqahRp. 100.000
Bingkisan atau Berkat 60 orangRp. 150.000
Total BiayaRp. 8.400.000

Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 8.400.000.  selanjutnya anda bisa mengurangi hal-hal yang perlu untuk dikurangi misalnya bumbu dapur atau jumlah undangan. Pilihlah yang pokok-pokok saja yang paling penting adalah rukun aqiqah bisa terpenuhi.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Gunakan Jasa Aqiqah

Tips Menghemat BIaya Aqiqah 2

Tips yang terakhir untuk menghemat biaya aqiqah, anda dapat menggunakan jasa aqiqah sebagai alternatif biayang yang lebih murah dan praktis. Jasa aqiqah biasanya akan menyediakan beberapa paket yang bisa anda pilih sehingga anda bisa memilih paket yang sederhana dan sesuai dengan anggaran anda yang penting rukun aqiqah terpenuhi yakni syarat dan ketentuan aqiqah untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing.

Bagi anda yang mencari jasa aqiqah, balqis aqiqah dapat anda jadikan pilihan untuk mengatasi masalah biaya aqiqah yang mahal. Balqis aqiqah merupakan jasa aqiqah yang menyediakan berbagai macam paket aqiqah yang bisa anda sesuaikan dengan budget anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.