Jasa Aqiqah Tulungagung Murah Dan Recommended

Posted by on November 12, 2019 | 0 comments

Cara Jasa Aqiqah Tulungagung? hubungi BALQIS AQIQAH wa: 08180 273 1273, Murah Recommeded Bisa Masak di Rumah Shohibul.

Jasa Aqiqah Tulungagung

Jasa Aqiqah Tulungagung Murah Dan Recommended
Jasa Aqiqah Tulungagung Murah Dan Recommended

Balqis Aqiqah – Melakukan aqiqah sangatlah dianjurkan bagi Anda yang baru saja dikarunia keturunan. Sesuai dengan ajaran agama Islam, jika anak Anda perempuan maka dianjurkan mengaqiqah anak tersebut dengan 1 ekor kambing. Sementara jika laki-laki maka dianjurkan dua ekor kambing. Apabila Anda tinggal di Tulungagung, maka sebaiknya Anda mencari penyedia aqiqah Tulungagung terpercaya sesuai syariat.

Menggunakan jasa aqiqah kini lebih banyak dipilih oleh keluarga di Indonesia karena kepraktisannya. Anda tidak perlu repot memotong kambing dan memasaknya sendiri melainkan semuanya sudah disediakan oleh jasa aqiqah Tulungagung. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memilih menggunakan jasa aqiqah yang ditawarkan. Selain itu kami juga memiliki beberapa cabang layanan seperti layanan aqiqah Jogja yang melayani seluruh are DIY dan sekitarnya.

Pentingkah Aqiqah?

Aqiqah memang bukanlah termasuk kewajiban yang harus ditunaikan setiap muslim. Namun, aqiqah merupakan amalan ibadah yang sangat dianjurkan atau Sunnah muakkad. Aqiqah sendiri sangat dianjurkan bagi mereka yang memang mampu melakukannya, bahkan beberapa ulama menyebutnya sebagai kewajiban. Namun, hukumnya tetap Sunnah bagi mereka yang kurang mampu melaksanakannya.

Lantas, apakah keutamaan atau pentingnya dilaksanakan aqiqah menurut agama. Berikut adalah beberapa keutamaannya menurut hadist shahih:

1. Anak bayi akan tergadai dengan dilaksanakan aqiqah untuknya pada hari ketujuh disembelihnya hewan (kambing ataupun domba), serta dicukur rambut bayi tersebut hingga diberikan nama.

2. Selain dicukur rambutnya untuk menghilangkan kotoran, hasil cukuran rambut tersebut juga harus ditimbang. Hal ini sesuai dengan hadist dari Rasulullah yang diriwayatkan Fatimah tatkala melahirkan Hasan bahwa rambut yang dicukur tersebut harus ditimbang kemudian dilakukan sedekah seberat timbangan tersebut dengan nilai perak kepada orang miskin.

3. Aqiqah dilaksanakan untuk menghilangkan gangguan yang ada pada diri bayi yang baru lahir. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan Salman bahwa menyembelih hewan dianjurkan dilaksanakan setelah kelahiran bayi dan menghilangkan semua gangguan dari bayi.

Baca juga : layanan aqiqah Surabaya yang terpercaya

Jasa Aqiqah Tulungagung Murah
Jasa Aqiqah Tulungagung Murah

Alasan Mengapa Harus Memilih Aqiqah Tulungagung

1. Proses Pemilihan Hewan yang Transparan

Hewan yang boleh digunakan untuk aqiqah memiliki persyaratan tertentu yang sama dnegan hewan yang digunakan untuk udhiyah (hewan qurban). Jenisnya sendiri sebenarnya bebas, Anda bisa memilih baik jantan maupun betina. Yang tepenting sehat, tidak cacat dan tidak kurus sekali.

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hewan aqiqah terbaik, maka jasa aqiqah memberikan kesempatan bagi para konsumennya untuk memilih hewan yang diinginkan secara langsung. Tidak hanya memilih, konsumen juga dipersilahkan untuk melihat proses pemotongan hewannya bahkan proses mengolah daging hewan secara langsung.

Dengan memberikan kesempatan konsumen mengawasi proses pengolahan, hal ini akan dapat menghindari kecurigaan yang dapat timbul di kemudian hari. Anda pun dapat meyakini bahwa semua proses sesuai dengan syariat Islam.

2. Proses Transaksi Pembayaran yang Mudah

Di tengah zaman yang semakin berkembang dan modern ini, Balqis jasa layanan aqiqah di Tulungagung memberikan kemudahan dalam proses pembayaran hewan aqiqah. Anda yang super sibuk dan tidak bisa datang langsung ke tempat pelayanan, bisa melakukan transaksi pembayaran melalui bank. Bahkan layanan aqiqah kini juga menyediakan sistem pembayaran Cash on Delivery (COD).

3. Menawarkan Paket yang Beragam

Semakin banyak pilihan paket yang ditawarkan tentu akan semakin memudahkan konsumen menemukan paket yang paling mereka inginkan. Hal inilah yang diberikan oleh layanan Aqiqah dari Tulungagung berupa penawaran paket yang variatif dan beragam. Anda dapat memilih paket yang paling sesuai dengan keinginan dan kantong Anda.

Balqis aqiqah dari Tulungagung menawarkan paket jasa aqiqah dalam bentuk paket hewan betina maupun hewan jantan. Harga untuk paket hewan betina sendiri akan lebih murah ketimbang hewan jantan. Selain perbedaan jenis kelamin, jasa aqiqah juga menawarkan paket sesuai dengan besar kambing.

4. Memberikan Hewan yang Terbaik

Selain kambing, Anda sebenarnya juga bisa memilih hewan domba untuk dijadikan hewan aqiqah. Yang menarik adalah layanan aqiqah dari Tulungagung ini menjamin bahwa setiap hewan yang mereka miliki dalam kondisi tidak cacat, sehat serta cukup umur sesuai dengan yang disyariatkan.

Sebagai tambahan informasi untuk Anda yang ingin membeli hewan aqiqah, usia yang dipersyaratkan untuk hewan aqiqah sebenarnya sama dengan hewan qurban. Syarat usia untuk kambing adalah satu tahun sementara untuk hewan domba adalah enam bulan.

5. Sajian Masakan Enak dan Menggugah Selera

Tidak cukup jika Anda hanya mempertimbangkan kualitas hewan aqiqah yang dipilih apabila mengunakan jasa aqiqah. Hal ini dikarenakan jasa aqiqah tersebut juga akan mengolah hewan Anda secara langsung sehingga penting untuk mengetahui bagaimana kualitas masakan mereka.

Pastikan Anda memilih tempat layanan aqiqah yang mengolah makanan menggunakan bumbu dan bahan berkualitas. Penggunaan bumbu serta bahan terbaik akan menghasilkan citarasa makanan lezat dan menggugah selera. Tidak hanya itu, bumbu dan cara memasak yang tepat juga membuat masakan lebih bergizi dan sehat.

Kunjungi juga situs : Layanan Aqiqah Kediri Profesional

Jasa Aqiqah Tulungagung
Jasa Aqiqah Tulungagung

Ketentuan Melakukan Aqiqah Sesuai Islam

1. Pelaksanaan Aqiqah pada Hari Ke-7, 14 Maupun 21

Aqiqah dalam agama Islam memiliki makna sebagai penggantian bayi yang baru terlahir. Untuk itu, menurut hadist shahih dari Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, acara aqiqah ini disarankan untuk dilaksanakan pada hari tertentu, yakni hari ketujuh, keempat belas hingga kedua puluh satu dari hari kelahiran bayi. Tentunya waktu-waktu ini lebih afdhol ketimbang waktu lainnya.

2. Jumlah Hewan Aqiqah

Dalam pelaksanaan jumlah hewan aqiqah yang harus disembelih juga berbeda bergantung kepada jenis kelamin bayi yang baru lahir. Apabila Anda dikaruniai anak perempuan, maka sesuai dengan ketentuan Islam artinya Anda hanya perlu menyembelih satu ekor, tidak perduli jenis kelamin apapun kambing tersebut.

Sementara untuk Anda yang dikaruniai anak laki-laki, maka sesuai dengan ketentuan Islam artinya Anda perlu menyembelih dua ekor kambing maupun domba. Hal ini telah sesuai dengan ketentuan yang disampaikan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam. Anda dapat melihat hadist mengenai hal ini di dalam Hadist Riwayat Abu Daud, Nasa’i serta Ahmad.

3. Mencukur Rambut Si Kecil

Salah satu hal yang disunahkan untuk dilakukan ketika aqiqah adalah mencukur rambut si kecil. Anda sebaiknya mencukur rambut si kecil ketika aqiqah diadakan, baik waktu aqiqah dilakukan pada tanggal ketujuh, keempat belas hingga dua puluh satu. Setelah dilakukan potong rambut maka selanjutnya orangtua dapat memberikan si kecil nama terbaik yang mereka inginkan.

4. Makanan Aqiqah Harus Dimasak Dulu Baru Dibagikan

Meski jenis hewan hingga persyaratan  kriteria hewan tidak jauh berbeda dengan daging kurban, namun dalam pemberiannya sendiri terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Untuk membagikan daging hewan aqiqah sendiri disunnahkan untuk dimasak hingga matang terlebih dahulu.

Apabila daging hewan telah diolah dan dimasak enak, maka Anda tinggal membagikan makanan tersebut kepada keluarga terdekat hingga tetangga sekitar. Dalam proses pemasakan, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda bahwa cara pemasakan daging kambing adalah tanpa mematahkan tulang kambing. Selanjutnya tinggal memberikan makanan yang telah diolah tersebut kepada orang yang membutuhkan.

5. Jenis Hewan Aqiqah yang Dipilih

Ada dua jenis hewan yang dianjurkan atau diperbolehkan untuk dimanfaatkan sebagai hewan aqiqah yakni daging kambing serta daging domba. Untuk jenis kelamin hewannya sendiri tidak harus laki-laki atau perempuan, namun yang terpenting hewan tersebut sehat, tidak cacat serta cukup umur.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Jasa Aqiqah

Anda sudah mengetahui bukan bahwa ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan jasa aqiqah ketimbang membeli hewan secara terpisah. Meski menawarkan banyak keuntungan, Anda tetap diharuskan untuk berhati-hati dan teliti ketika memilih lembaga pelayanan aqiqah yang ada. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih lembaga aqiqah.

1. Pastikan Bahwa Lembaga Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT yang tentu tata caranya harus sesuai dengan yang diperintahkan oleh agama. Oleh sebab itu jangan sampai Anda hanya tergiur oleh harga namun tidak mempertimbangkan masalah kesesuaiannya dengan syariat islam. Anda harus memperhatikan fakta hewan dari mulai penyembelihan hingga pengelolaan akhir makanan.

Agar Anda lebih yakin dengan hasil sembelihan yang sesuai dengan syariat, beberapa tempat pemotongan juga sudah bersertifikat MUI sehingga dijamin halal dan sesuai syariat. Selain itu, untuk meyakinkan dari segi kesehatan, sebaiknya pilih tempat lembaga hewan yang telah terawasi dokter hewan.

2. Pilih Jasa Aqiqah yang Sudah Berpengalaman

Poin ini memang tidak harus atau wajib untuk diikuti mengingat lembaga aqiqah yang baru juga sangat mungkin memiliki kualitas yang tidak kalah dengan yang sudah berpengalaman. Namun, apabila Anda ingin mencari tempat yang lebih meyakinkan dan sudah teruji kualitasnya, tentu memilih lembaga aqiqah berpengalaman lebih disarankan untuk Anda.

3.  Pilih Lembaga Aqiqah Profesional

Poin ketiga ini merupakan poin wajib yang harus Anda kejar. Berbeda dengan poin kedua, masalah profesionalitas sebenarnya bisa dimiliki baik lembaga aqiqah baru maupun lama. Bahkan tak jarang lembaga aqiqah baru justru lebih professional ketimbang yang lama. Untuk itu selektiflah mencari lembaga aqiqah yang professional agar acara aqiqah anak Anda berjalan lancar.

4. Pilih Lembaga Aqiqah yang Dapat Dipercaya

Sangat penting untuk memastikan apakah lembaga aqiqah yang Anda pilih dapat dipercaya ataukah tidak. Jangan sampai Anda dibohongi terkait pemilihan hewan hingga pengolahan hewan aqiqah tersebut. Salah satu cara untuk memastikan apakah lembaga tersebut terpercaya atau tidak adalah masalah keterbukaan informasi.

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, lembaga aqiqah yang dapat dipercaya seharusnya mau terbuka terhadap konsumen. Anda akan dipersilahkan untuk menyaksikan langsung kambing pilihan Anda disembelih hingga proses pemasakan seperti yang tengah dilakukan oleh Balqis Aqiqah Blitar.

5. Cek Sertifikasi yang Dikantongi Lembaga Aqiqah

Masih menyambung dan berhubungan dengan poin pertama, sertifikat sebuah lembaga aqiqah sangat penting sebagai jaminan kualitas dari lembaga tersebut. Sebagai muslim, sangat penting sekali tentunya memilih lembaga aqiqah yang sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Sertifikasi halal ini berfungsi sebagai jaminan bahwa proses penyembelihan hingga pengolahan daging sesuai syariat.

Selain sertifikasi halal MUI, sertifikat lain seperti Hygience juga penting. Sertifikat Hygience merupakan bukti bahwa tempat pengolahan makanan termasuk lembaga aqiqah ini telah mengikuti standar baku dari pemerintah terkait kelola pangan.

Paket Aqiqah Tulungagung yang Umum Ditawarkan

1. Menu Catering Aqiqah Tulungagung

Paket aqiqah yang sering dipilih oleh konsumen karena kepraktisannya adalah menu catering aqiqah. Menu catering sendiri bisa dikatakan merupakan paket yang sangat praktis dan lebih hemat waktu serta biaya. Pada paket menu catering, Anda sebagai konsumen cukup memesan paket catering dan membayar sejumlah uang. Kemudian lembaga aqiqah akan meyiapkan pesanan Anda dan mengirimkan makanan.

2. Menu Kenduri Aqiqah Tulungagung

Selain catering, menu kenduri dianggap lebih spesifik menyasar keinginan para konsumen. Menu kenduri sendiri merupakan menu yang ditujukan untuk kegiatan tasyakuran, slametan dan bancakan dalam suatu majelis. Memilih paket kenduri bisa dikatakan sangat cocok untuk Anda yang mengadakan hajatan atau acara besar dengan mengundang banyak orang untuk hadir.

Lembaga aqiqah umumnya akan menawarkan dua jenis sajian di dalam acara kenduri aqiqah. Anda bisa memilih jenis sajian yang telah dimasukkan ke dalam paket dus akikah ataupun untuk makan di tempat. Apabila Anda memang lebih suka yang praktis, tentunya paket dalam dus makanan akan lebih cocok.

3. Menu Prasmanan Aqiqah Tulungagung

Apabila Anda memiliki budget yang cukup besar dan memang berniat mengadakan acara yang meriah, maka tidak ada salahnya memilih menu prasmanan aqiqah. Dalam menu prasmanan, para tamu dipersilahkan untuk mengambil makanan mereka sendiri yang telah disediakan di meja. Sehingga tamu bebas menyesuaikan takaran makanan yang diambil dengan kemampuan perut mereka.

Beda konsep menu prasmanan dengan kenduri tidak hanya dari segi biaya, namun juga variasi makanan. Dalam acara kenduri aqiqah, jenis makanan yang disediakan oleh pihak lembaga aqiqah hanya satu jenis dan sudah dimasukkan ke dalam kardus. Sementara acara kenduri prasmanan, lembaga aqiqah akan menyediakan beragam jenis masakan untuk dipilih sendiri oleh para tamu.

4. Menu Tambahan Aqiqah Tulungagung

Selain menu utama berupa nasi maupun daging kambing yang telah diolah, ada beberapa jenis menu tambahan yang bisa Anda pilih ke dalam paket. Beberapa menu tambahan yang juga ditawarkan oleh pihak lembaga aqiqah adalah menu gorengan, sayur serta buah-buahan, pudding hingga lauk pelengkap. Anda juga bisa memilih beragam jenis kue aqiqah yang cocok digabungkan ke dalam pesanan.

Menu Pengolahan Kambing Aqiqah

Apabila Anda menggunakan jasa lembaga aqiqah untuk melaksanakan aqiqah di rumah Anda, tentu masalah menu pengolahan hewan aqiqah sangatlah harus diperhatikan. Pasalnya, beberapa orang merasa tidak cocok dengan suatu menu olahan kambing dan lebih menyukai menu lainnya. Berikut ini adalah beberapa menu olahan kambing aqiqah yang umumnya ditawarkan lembaga aqiqah:

1. Gule atau gule kambing

2. Kambing tongseng

3. Krengseng

4. Sate kambing

5. Rendang kambing

6. Tengkleng

Selain menu di atas, sebenarnya masih banyak lagi menu olahan kambing yang ditawarkan lembaga aqiqah. Anda tinggal memilih sesuai dengan preferensi.

Sebaiknya, sebelum memilih manakah jasa layanan aqiqah Tulungagung yang tepat untuk Anda, lakukanlah riset secara mendalam terlebih dahulu. Anda bisa bertanya kepada orang terdekat mengenai jasa aqiqah terbaik yang ada. Anda juga bisa melihat ke tempat bisnis layanan aqiqah tersebut langsung untuk memastikan kredibilitasnya.

Layanan Balqis Aqiqah menjangkau seluruh kecamatan se Tulungagung seperti:

Kecamatan Bandung.
Kecamatan Besuki.
Kecamatan Boyolangu.
Kecamatan Campurdarat.
Kecamatan Gondang.
Kecamatan Kalidawir.
Kecamatan Karangrejo.
Kecamatan Kauman.
Kecamatan Kedungwaru.
Kecamatan Ngantru.
Kecamatan Ngunut.
Kecamatan Pagerwojo.
Kecamatan Pakel.
Kecamatan Pucanglaban.
Kecamatan Rejotangan.
Kecamatan Sendang.
Kecamatan Sumbergempol.
Kecamatan Tanggung Gunung.