Ini Dia Syarat Kambing Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Posted by on May 22, 2018 | 0 comments

Beberapa orang tua yang akan melakukan aqiqah untuk anaknya yang baru lahir pasti akan merasa bingung apa saja syarat kambing aqiqah sesuai syariat islam. Jadi, menurut alim ulama baik ulama NU ataupun Muhammadiyah syarat kambing aqiqah disamakan dengan syarat hewan qurban. Untuk syarat sah dari hewan aqiqah sendiri meliputi jenis dari hewan aqiqah, umur kambing dan syarat fisik kambing untuk aqiqah.

Tidak hanya bagi orang tua yang akan melakukan aqiqah saja,namun bagi setiap muslim yang akan menyelenggarakan aqiqah haruslah sesuai dengan syariat islam atau berdasarkan hadist shahih menurut tata cara dari sunnah Rasulullah.

Apa itu Aqiqah dan Bagaimana Hukum Aqiqah?

Apa itu Aqiqah dan Bagaimana Hukum Aqiqah

Aqiqah merupakan sebuah kegiatan menyembelih hewan pada hari ke-7 kelahiran bayi yang sesuai dengan ketentuan islam dan juga disertai dengan pemotongan rambut dan juga pemberian nama yang baik untuk seorang bayi.

Secara lebih lengkap kami akan membahas mengenai syarat kambing aqiqah yang sesuai dengan syariat islam pada artikel kali ini. Aqiqah sendiri dilakukan sebagai bagian dari ucapan syukur kepada Allah SWT karena sudah menitipkan karunia yang tak ternilai harganya yakni seorang anak.

Seperti yang kita ketahui pada saat ini, ada beberapa orang yang masih belum diberikan momongan atau seorang anak. Oleh karena itu, untuk mengungkapan rasa syukur atas titipan dari Allah SWT tersebut maka ungkapan rasa syukur dan bahagia ini diwadahkan dalam suatu Ibadah yang disebut aqiqah. Hukum dan ketentuan mengenai aqiqah sudah jelas dan dianjurkan untuk melakukan aqiqah dalam hukum islam.

Secara bahasa aqiqah merupakan pemotongan atau memotong. Hukum aqiqah menurut islam adalah sunnah muakkad bagi mereka yang mampu. Maka dari itu, sebenarnya melaksanakan aqiqah buat anak karena alasan tidak mampu tidak menjadikan orang berdosa. Namun, ada juga sebagian ulama yang menyebutkan bahwa aqiqah wajib dilakukan. Oleh karena itu, bagi anda yang merasa mampu untuk menjalankan aqiqah maka segeralah laksanakan dan jangan pernah menundanya.

Aqiqah sebagi wujud ibadah dan rasa syukur kepada Allah SWT tentu ada beberapa syarat aqiqah yang harus dipenuhi. Tidak mungkin bisa melakukan aqiqah tanpa ada syarat dan ketentuan tertentu untuk menyempurnakan ibadah kita.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan atas kambing aqiqah dan beberapa ulasan yang terkait akan dijelaskan secara lebih lengkap pada pembahasan berikut ini.

Syarat Hewan Untuk Aqiqah

Sebelum anda memutuskan untuk membeli kambing untuk aqiqah, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis hewan yang boleh untuk aqiqah dalam islam. Salah satu hadist yang sering dijumpai dijelaskan bahwa hewan aqiqah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah kambing jenis domba, kibsy ataupun gibas. Kibsy merupakan jenis domba putih yang berada dalam keadaaan sehat.

Apakah boleh Aqiqah selain Kambing?

Pertanyaan tersebut mungkin pernah terbesit di benak anda semua. Nah,untuk hewan aqiqah selain kambing misalnya seperti unta dan sapi beberapa ulama memiliki beda pendapat. Ada yang berpendapat boleh melakukan aqiqah dengan hewan seperti sapi/unta dan ada juga yang mengatakan tidak boleh. Namun, dari hadist yang diriwayatkan memang rasulullah menyembelih 4 ekor kambing untuk keponakannya yang bernama hasan dan husein pada jaman Nabi Muhammad SAW.

Syarat Kambing Aqiqah Menurut Islam

Syarat Kambing Aqiqah Menurut Islam

Beberapa syarat kambing aqiqah yang sesuai dengan  hukum islam akan dijelaskan berikut ini.

Syarat Jumlah dan Jenis Kelamin Kambing Aqiqah

Mengenai jumlah kambing yang harus disembelih untuk aqiqah sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya. Berdasarkan pada hadist Nabi Muhammad SAW, jumlah kambing aqiqah untuk anak laki-laki berjumlah 2 ekor sedangkan jumlah kambing aqiqah untuk anak perempuan adalah 1 ekor kambing saja. Namun, apabila anda tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah maka anda bisa mengaqiqahkan dengan 1 ekor kambing saja untuk mendapatkan manfaat, kebaikan serta pahala dalam melaksanakan aqiqah.

Sedangkan untuk syarat sah jenis kelamin untuk kambing yang akan digunakan untuk aqiqah tidak menjadi masalah apakah itu kambing jantan atau kambing betina. Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW dari Ummu Kurz yang berbunyi:

“tidak mudharat bagi kamu apakah menggunakan kambing laki-laki ataukah kambing perempuan” (HR. Ummu Kurz)

Syarat Fisik Kambing Aqiqah

Menurut pendapat dari ulama salaf mereka menyebutkan bahwa syarat fisik kambing yang akan disembelih untuk keperluan aqiqah yang paling utama adalah kambing yang sehat dan untuk syarat fisik yang lainnya secara umum hampir sama dengan syarat hewan untuk qurban pada saat hari raya idul adha. Adapun kondisi fisik hewan qurban dan aqiqah adalah harus sehat, memiliki berat dan bobot yang pas timbangannya, tidak cacat, bebas dari penyakit dan sudah cukup umur untuk disembelih.

Memilih kambing aqiqah yang memenuhi syarat sah dan ketentuan yang sesuai dengan syariat islam memang tidak mudah apabila kita masih belum memiliki pengalaman. Oleh karena itu, balqis aqiqah sebagai jasa aqiqah online hadir untuk anda untuk mengatasi masalah dalam memilihkan kambing aqiqah terbaik sesuai dengan syariat islam.

Acara aqiqah yang akan diselenggarakan dengan niat yang baik tentunya juga akan memberikan kebahagiaan yang maksimal untuk para tamu undangan yang hadir dan ikut mendoakan keselamatan buah hati anda.

Syarat Umur Kambing Aqiqah

Syarat Umur Kambing Aqiqah

Setelah anda  mengetahui mengenai jenis kelamin, jumlah dan syarat fisik kambing aqiqah. Berikut akan kami jelaskan mengenai syarat umur kambing aqiqah yang cocok dan sesuai dengan syariat islam untuk dijadikan hewan aqiqah. Mengenai batasa umur kambing aqiqah lagi-lagi kita harus merujuk pada hadist Nabi Muhammad SAW karena hewan aqiqah yang tidak cukup umur akan membuat ibadah aqiqah yang kita laksanakan menjadi tidak sah.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa syarat hewan aqiqah sama seperti syarat hewan qurban  begitu juga mengenai usianya. Berikut beberapa syarat umur kambing aqiqah yang dianjurkan menurut hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

Nah, pertanyaannya adalah apa itu musinnah? Musinnah merupakan kecukupan umur dari hewan yang akan diqurbankan atau disembelih.  Berikut beberapa syarat hewan untuk qurban di hari raya idul adha yang setara dengan hewan aqiqah:

  • Musinnah dari kambing adalah berusia sekitar 1 tahun atau masuk tahun kedua.
  • Musinnah dari sapi adalah seekor sapi yang sudah berusia 2 tahun atau masuk tahun ketiga.
  • Musinnah unta adalah harus sudah genap 5 tahun atau masuk tahun keenam.

Sedangkan beberapa juga berpendapat bahwa tabulasi umur minimal dari hewan untuk kurban adalah sebagai berikut:

Hewan

Ketentuan Umur Minimal

Unta5 Tahun
Sapi2 Tahun
Kambing1 Tahun
Domba6 Bulan

Dalam hadist tersebut juga disebutkan kata Jadza’ah. Pengertian dari Jadza’ah sendiri adalah domba yang sudah berusia enam bulan hingga mencapai satu tahun.

Jadi, dari penjelaskan tersebut dapat disimpulkan bahwa umur kambing yang bisa disembelih untuk aqiqah setidaknya harus berusia lebih dari sau tahun. Untuk jenis kambingnya, anda bisa memilih berbagai jenis kambing yang berasal dari daerah mana saja yang penting sehat dan tidak cacat.

Anda juga boleh melakukan aqiqah dengan kambing yang usianya kurang dari 1 tahun minimal 6 bulan untuk aqiqah hanya jika anda kesulitan untuk mendapatkan kambing yang musinnah.

Itulah informasi mengenai syarat kambing aqiqah yang berlaku di semua Negara muslim termasuk Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.