Tips Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

Posted by on September 19, 2016 | 0 comments

Daya imunitas yang dimili oleh bayi masih belum bekerja secara maksimal sehingga si kecil rentan terhadap gangguan dari luar yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Termasuk salah satunya penyakit yang kerap menjangkiti si bayi adalah infeksi telinga. Lantas bagaimana cara mencegahnya?

 

Tips Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

tips mencegah infeksi telinga pada bayi

Tips Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

Ayah bunda sahabat Balqis Aqiqah yang baik hatinya.. Memiliki bayi yang sehat dan ceria tentu menjadi idaman semua orang terlebih bagi kedua orang tua. Maka tidak segan – segan orang tua akan memberikan perhatian penuh apabila sang buah hati mulai gelisah dan sakit.

Memang betul daya tahan tubuh si mungil masih rendah dikarenakan kemampuan imun bayi belum berkembang secara penuh sehingga si kecil rawan terjangkit berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kuman dan virus tidak terkecuali penyakit yang satu ini yaitu adanya infeksi pada telinga si bayi.

Penyakit infeksi telinga biasa ditandai dengan anak yang sering megang – megang telinga atau bahkan agak menjewer – jewer kecil karena adanya rasa gatal yang muncul atau sakit pada telinganya. Kalau bayi sudah terkena infeksi ini biasanya ia akan susah tidur suka rewel yang dapat membuat orang tua menjadi bingung. Perhatian yang lebih juga harus mereka berikan untuk si bayi maka biasanya akan berefek pada kurangnya produktifitas orang tua atau bahkan tidak sedikit yang minta libur bekerja untuk sementara waktu sampai si kecil sembuh dari sakitnya.

Kembali kepada topik pembicaraan kita di atas yaitu bagaimana tips mencegah adanya penyakit infeksi pada bayi?

Sebenarnya belum ditemukan metode yang khusus dalam mencegah infeksi penyakit ini pada bayi akan tetapi langkah – langkah di bawah ini ditengarai mampu untuk meminimalisir adanya resiko dari penyakit infeksi ini. Dalam ranah penyakit ini yang paling sering menjadi penyebab adalah serangan oleh bakteri dan virus. Biasanya penyakit ini akan muncul setelah si kecil terkena penyakit pilek ataupun demam jadi orang tua harus waspada.

Berikan si bayi asi bukan susu formula

Kita tahu bahwa asi adalah makanan terbaik untuk bayi yang mengandung gizi terlengkap. Dengan memberikan asi maka si kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga dengan ini mampu menangkal serangan bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi telinga.

Jauhkan si bayi dari lingkungan yang banyak asap

Sebaiknya ciptakan lingkingan yang sehat dan terbebas dari asap terlebih bagi orang yang merokok sebaiknya dikurangi atau bahkan dihentikan terlabih saat berdekatan dengan si kecil.

Tidak memberikan makan pada bayi dengan posisi berbaring

Demikian beberapa langkah yang bisa kita tempuh dalam rangka mencegah penyakit infeksi pada bayi, semoga tips ini memberikan manfaat kepada kita semua. aamii.

Baca artikel lainnya

Apa Penyebab Timbulnya Bintik Merah Pada Kulit Bayi?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: