Tata Cara Aqiqah – Bagian 1

Posted by on April 6, 2014 | 0 comments

BALQIS AQIQAH, Mau konsultasi Tata Cara Aqiqah yang benar? hubungi 0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

 

Tata Cara Aqiqah – Bagian 1

tata cara aqiqah bagian 1

Tata Cara Aqiqah

Aqiqah adalah ungkapan syukur kepada Allah dikarenakan adanya sang buah hati yang telah lahir.

Dinamakan aqiqah karena pada saat acara tersebut dipotongkan kambing, ataupun dipotong rambut kepada sang bayi, hal ini sesuai dengan makna aqiqah secara bahasa yaitu al-‘aqqu (memotong).

Kata-kata aqiqah juga bisa ditujukan kepada hewan yang dijadikan sesembelihan itu sendiri yaitu kambing.

Hadits-hadits disyariatkannya ibadah aqiqah.

Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam bersabda: “Setiap anak yang lahir kedunia itu tergadai dengan aqiqahnya yang disembelihkan untuknya (kambing) pada hari yang ketujuh, diberikan nama dan dipotong rambutnya” (HR. Abu Dawud, At-Thurmudzi, An-Nasa’i, Ahmad, Ibnu Majah).

Disebutkan dalam sebuah literatur bahwa sebelum Islam datang ternyata hal semacam aqiqah itu sudah merebak dikalangan masyarakat jahiliyah yang biasanya ketika menyembelih kambing dilumurilah kepada sang bayi tersebut dengan darah kambing sesembelihannya. Bahkan dalam riwayat disebutkan dari Abu Hurairah R.A. bahwa Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yahudi itu mengaqiqahkan anak laki-laki mereka dan tidak mengaqiqahkan anak perempuan mereka, maka aqiqahkanlah anak laki-laki kalian dengan 2 ekor kambing dan anak perempuan dengan 1 ekor kambing”. (HR. Al-Baihaqy)

Agam Islam, Yahudi dan Nasrani adalah agama samawi artinya agama yang Allah turunkan dari langit bukan agama buatan manusia. Karena dari sumber yang sama maka acapkali ada ibadah-ibadah ummat terdahulu yang masih dilestarikan dan disyariatkan oleh Allah kepada ummat Islam. Seperti khitan, menikah, haji dan lain sebagainya adalah syariat ummat terdahulu yang masih Allah syariatkan kepada ummat Islam termasuk juga ibadah aqiqah.

Tapi perlu diingat, kita melaksanakan aqiqah itu bukan untuk melestarikan syariat agama yahudi atau ikut-ikutan agama mereka. Akan tetapi kita ber-aqiqah itu kerena diperintahkan oleh Allah melalui Nabi Muhammad, oleh sebab itu tata cara aqiqah nya pun mengikuti tuntunan dari Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam.

Islam datang dengan membawa kesempurnaan, ketika masyarakat jahiliyah melumuri kepala bayi dengan darah kambing islam menghapusnya, ketika orang-orang yahudi hanya mengaqiqahkan anak laki-lakinya Islam menyempurnakannya dengan mengaqiqahkan semua anak baik yang laki-laki maupun yang perempuan.

Untuk konsultasi tentang tata cara aqiqah atau pemesanan kambing aqiqah sehat bisa hubungi kami Balqis Jasa Aqiqah Jogja di: 0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

Atau anda dapat membaca lanjutannya pada artikel kami lainnya:

Tata Cara Akikah Bagian 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: