Syarat Kambing Aqiqah

Posted by on March 26, 2014 | 0 comments

BALQIS AQIQAH -Anda mencari info syarat kambing aqiqah? hubungi 0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

 

Syarat Kambing Aqiqah

syarat-kambing-aqiqah

Kambing Aqiqah

Aqiqah adalah ibadah yang dilakukan satu kali seumur hidup sebagai ungkapan syukur kepada Allah bagi kedua orang tua atas kelahiran putra atau putrinya.

Adapun yang paling utama jumlah kambing bagi anak laki-laki adalah 2 (dua) ekor kambing dan untuk anak perempuan cukup dengan 1 (satu) ekor kambing.

Dengan sedikitnya nash yang berkenaan dengan syarat kambing aqiqah, maka kebanyakan para ulama dalam hal ini mendekatkan syarat kambing aqiqah dengan hewan qurban diantaranya adalah:

Cukup umur.

Dalam sebuah riwayat bahwa hewan qurban hendaklah musinnah atau berumur satu tahun, dan kalau sulit didapatkan maka boleh jadza’ah yaitu kambing yang berusia enam bulan.  Ada sebuah riwayatd dari shahabat Jabir Radhiyallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian menyembelih (untuk qurban) kecuali musinnah, kecuali jika merasa sulit maka sembelihlah jadza’ah”. (HR Muslim). Adapun kesulitan insyaallah bisa dimaknai dengan tidak adanya jenis yang musinnah atau terbatasnya anggaran untuk dapat membeli kambing yang musinnah.

Biasanya hal ini dikenal di masyarakat jawa dengan istilah “poel” atau sudah tanggal giginya, padahal tidak semua kambing yang berumur 6 bulan atau 1 tahun itu sudah poel. Sehingga yang lebih tepat adalah berdasarkan usia bukan tanggalnya gigi.

Sehat tidak cacat.

Dalam memilih hewan qurban atau aqiqah hendaklah memilih yang sehat, gemuk dan tidak cacat baik kaki, mata ataupun bagian fisik lainnya. karena Nabi Muhammad bersabda: ada empat kondisi hewan yang tidak sah untuk qurban, diantaranya adalah cacat mata (buta), pincang kakinya, sakit dan kurus (tidak berdaging). (HR. Ahmad, Turmudzi, Abu Dawud, Annasi’i dan Ibnu Majah).

Hal di atas adalah ketentuan syariat tentang qurban, dan sekali lagi karena sedikitnya nash-nash yang membicarakan langsung tentang syarat kambing aqiqah maka ulama cenderung mengqiyaskan kambing aqiqah dengan kambing qurban.

Kami Balqis Aqiqah menyediakan kambing aqiqah dengan harga yang bervariasi sehingga anda dapat menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Untuk mendapatkan kambing yang baik untuk aqiqah dan qurban anda dapat menghubungi kami di:

0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

Artikel kami lainnya:

Kambing Aqiqah Murah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: