Siapa Yang Mengaqiqahi Hasan Dan Husain Cucu Rasulullah?

Posted by on May 16, 2016 | 0 comments

Siapa yang mengaqiqahi Hasan dan Husain cucu Rasulullah? kenapa yang mengaqiqahi bukan ayahnya yaitu Ali Bin Abi Thalib? baca yuk..

 

Siapa Yang Mengaqiqahi Hasan Dan Husain Cucu Rasulullah?

siapa yang mengaqiqahi hasan dan husain cucu rasulullah

Siapa Yang Mengaqiqahi Hasan Dan Husain Cucu Rasulullah?

Sahabat yang budiman. Sebagai seorang muslim tentu kita sangat mengenal sosok manusia agung yaitu Rasulullah shallahu alaihi wa sallam dan juga orang – orang yang masuk dalam garis keluarga beliau contohnya adalah al Hasan dan al Husain.

Al Hasan dan al Husain –semoga Allah meridhai keduanya– adalah cucu kesayangan Rasulullah dari keturan Ali Ibn Abi Thalib dan Fathimah Binti Muhammad Rasulillah. Mereka adalah ahlu bait Nabi yang harus kita hormati dan kita muliakan sesuai kedudukannya tanpa berlebih – lebihan dan kita berkeyakinan bahwa keduanya telah dijamin oleh Allah sebagai penghuni syurga.

Yang akan kami angkat disini bukanllah sepak terjang beliau berdua yang luar biasa untuk Islam akan tetapi yang hendak penulis sampaikan adalah tentang siapa yang mengaqiqahi al Hasan dan al Husain?

Ada salah satu riwayat dari jalur shahabat Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu yang mengatakan : Bahwa Rasulullah shallahu alaihi wa sallam mengaaqiqahi Hasan dan Husain masing – masing dengan satu ekor domba“. (Hadits Riwayat Abu Dawud).

Syaikh Nashiruddin Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih akan tetapi hadits yang menyebutkan dengan dua ekor kambing itu lebih shahih.

Perihal ini sudah dijawab oleh salah satu ulama dari kalangan syafi’iyyah yaitu al Syarbini –semoga Allah merahmati beliau-. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa ada kemungkinan hadits diatas adalah perintah Rasulullah kepada orang tuanya (Ali Bin Abi Thalib) untuk mengaqiqahi kedua anaknya dengan dua ekor kambing, atau juga dimungkinkan Rasulullah yang memberikan kambing kepada Ali untuk mengaqiqahi cucunya, atau juga masih dimungkinkan Rasul sendiri yang mengaqiqahi al Hasan dan al Husain karena keduanya menjadi tanggung jawab nafkah beliau dikarenakan kehidupan Ali dan Fathimah saat itu masih belum berkecukupan.

Intinya adalah yang pertama kali yang memiliki tanggungan aqiqah adalah orang tuanya dan kalaulah orang tuanya belum memiliki kemampuan maka sang kakek dapat menghadiahkan kambing ataupun dana untuk mengaqiqahi cucunya.

Waallahi ‘alam bi alshawab.

Baca artikel terkait lainnya

Hikman Aqiqah

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: