Pengobatan Batuk Untuk Ibu Hamil

Posted by on March 30, 2018 | 0 comments

Aqiqah Jogja– Batuk, pilek adalah salah satu penyakit umum pada wanita hamil. Selain ketidaknyamanan umum seperti sakit tenggorokan, kelelahan, sulit hamil, ada risiko kram, lebih berbahaya daripada kelahiran prematur jika batuknya terlalu kencang dan berkepanjangan. Namun, karena waktu pil, tolakan batuk terkadang menjadi sangat sulit. Ini juga saatnya ibu memilih untuk mencoba tips batuk yang aman dari alam, seperti memanfaatkan khasiat obat dari bunga dan buah untuk menenangkan batuk.

 

Pengobatan Batuk Untuk Ibu Hamil

Pengobatan Batuk Untuk Ibu Hamil

Penyebab batuk saat hamil

Ada banyak penyebab batuk, dimana perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan melemahkan sistem kekebalan tubuh yang paling umum terjadi. Dengan demikian, wanita hamil rentan terhadap penyebaran bakteri atau virus dari lingkungan atau dari orang-orang di sekitar mereka.

Perubahan cuaca tiba-tiba dari hujan sampai matahari, perubahan suhu dari jalan menuju AC dan sebaliknya, semakin tinggi risikonya. Selain itu, batuk akibat peningkatan sekresi lendir menyebabkan hidung tersumbat, menyebabkan batuk, termasuk batuk dan batuk berdahak. Jika tidak dirawat dengan baik, kemungkinannya akan menyebabkan kekambuhan, infeksi saluran pernapasan bagian atas, efek kesehatan ibu dan janin.

Selain itu, rahim memberi tekanan pada perut, menyebabkan refluks gastroesophageal pada saluran pernafasan juga merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan, yang menyebabkan batuk pada wanita hamil.

Bisakah obat batuk dikonsumsi saat hamil?

Selama kehamilan, daya tahan tubuh ibu lebih rendah dari biasanya, dan di bawah pengaruh hormon kehamilan, perubahan fisiologis selama kehamilan membuat tubuh normal. lebih peka terhadap unsur lingkungan eksternal. Karena itu, tubuh rentan terhadap penyakit inflamasi, terutama infeksi saluran pernafasan.

Saat batuk saat hamil, perhatikan hal berikut:

  • Jangan minum obat, terutama di bulan-bulan pertama dan bila tidak diresepkan oleh dokter Anda.
  • Jika batuknya normal, tidak ada demam, dahak, tidak ada nyeri dada, tidak ada nafas pendek … tidak ada pengobatan. Obat madu tradisional bisa digunakan, seperti: madu, jahe yang baru dikunyah, kayu manis, daun limau, thistle dan tenggorokan, banyak minum jus jeruk, ambil suplemen vitamin C, , hindari angin, dingin, lembab …
  • Jika batuk berlangsung lebih dari 3 minggu, batuk atau dahak berwarna biru, kuning, disertai nyeri dada.  Perlu ke klinik untuk menemukan penyakit seperti bronkitis, TB … untuk diobati. tepat waktu.
  • Obat resep yang Anda gunakan selama kehamilan dipertimbangkan dengan sangat hati-hati tentang manfaat pengobatan dan juga keamanan janin yang harus Anda ikuti untuk mencapai efek pengobatan yang baik.

Selama kehamilan, harus menghindari tempat yang ramai, kontak terbatas dengan anak di bawah usia 6 bulan untuk mencegah influenza, rubella. Selalu menjaga kebersihan mulut bersih, sering tenggorokan bersih dengan air. Garam hangat, hindari dingin, hujan.

Pastikan untuk makan dengan baik, istirahat yang cukup dan kurangi stres yang tidak perlu untuk membantu bayi Anda tumbuh dengan baik dan juga memulihkan kesehatan Anda.

Baca Juga : Aqiqah Bantul

Pengobatan batuk untuk ibu hamil

Batuk-batuk yang aman: Ada banyak obat batuk yang efektif dan aman tersedia di kebun rumah, yang bisa dikonsultasikan oleh ibu sebagai berikut:

Jeruk: Setelah dibersihkan, potong lubang kecil di tengah jeruk dan tambahkan sedikit garam, lalu taruh jeruk di oven selama 15 menit. Makan jeruk saat sedang panas, ambil saja dari oven. Selain itu, bisa memotong kulit jeruk dan memasukkannya ke teko dengan menggunakan peminum.

Anggur: Bawalah satu sendok makan madu ke dalam segelas jus anggur, minum 3-4 kali sehari akan membantu meredakan batuk.

Lemon, jeruk keprok dan lavender: Ini adalah batuk efektif buah yang efektif untuk ibu hamil. Untuk batuk batuk dengan cambuk, Anda bisa sangat akrab dengan krim kocok madu: iris dari 3 sampai 4 benjolan dicuci bersih, dikupas, dimasukkan ke dalam mangkuk, dituangkan madu dibanjiri kapur, Campur dengan baik dan bawa uap atau air suling dari 10 – 15 menit. Lalu dinginkan dan gunakan secara bertahap, setiap hari sekitar 2-3 kali dengan 1 sampai 2 sendok teh.

Selain itu, setelah makan jeruk keprok, cangkang dimasukkan ke dalam mangkuk kecil dengan licorice, akar rumput, masing-masing 8g dan tuangkan sekitar 3 sendok makan madu ke atas. Bawa air dan air yang dikukus di siang hari, jangan sampai semalam. Saat diminum bisa diencerkan dengan air matang agar mudah ditelan.

Dengan lemon, ada banyak cara untuk membuat minuman nikmat dan membantunya batuk. Untuk satu sendok makan madu dicampur dengan dua sendok makan air jeruk nipis, segelas teh hangat dicampur dengan madu dan beberapa irisan, atau madu dengan sedikit jus lemon dengan sedikit jahe, sedikit kayu manis di secangkir teh. , atau gunakan serai kering dengan 6 gram licorice dan 3 sendok makan madu, dll, semuanya memiliki obat yang efektif dan aman.

Raspberry: Memadukan sirup raspberry atau raspberry adalah minuman yang sempurna bagi ibu untuk mencegah sakit tenggorokan dan batuk dan membantu keringat, sehingga sangat dingin saat labu.

Bluberi: Karena sifat antibakterinya yang tinggi, blueberry adalah pilihan tepat untuk batuk ibu. Hanya dengan menekan air, menambahkan beberapa gula dan air hangat, sang ibu memiliki secangkir jus blueberry yang lezat dan batuknya efektif.

Pir: pir setelah mengupas dipotong kecil-kecil saja dimakan dicampur dengan gula tawas dan kemudian direbus dalam air, lalu makan secara bertahap mengurangi batuk terus-menerus saat hamil.

Jambu biji: Jika batuk alergi menyebabkan faringitis, ibu hanya perlu membawa 1 jambu biji untuk dipanggang dan makan segera, makan 1 buah per hari dan makan dalam 3- 4 hari akan efektif dengan Ibu yang batuk atau bersin karena alergi rhinitis.

Buah kering: Air dari buah kering sangat bergizi, bisa mengurangi gejala batuk dan pilek. Pertama rebus pir dan apel dalam 30 menit, lalu tambahkan plum. Sebelum api off sekitar 5 menit menambah aprikot lagi, kismis adalah ibu hamil yang memiliki teko jus buah yang enak, bermanfaat sebagai terapi.

Lobak putih: Potong lobak putih menjadi potongan kecil hanya makan, masukkan bersih, kering, tuangkan sedikit madu, tutup selama sekitar 3 hari lalu tambahkan sedikit gula. Setiap kali Anda makan, ibu hanya perlu minum beberapa saat dengan air hangat untuk diminum, efek batuk efektif.

Melon: Gunakan 12g melon, cuci dengan air mendidih dalam toples selama 15 menit lalu tambahkan sedikit madu, minumlah teh dan bukan hari, sekitar 2 kali sehari untuk membantu panas, detoksifikasi, batuk dengan dahak. merasa dingin

Krisan : Bunga ungu ini sering tumbuh sebagai pemandangan atau tumbuh liar, memiliki efek batuk dan sesak karena bronkospasm cukup efektif. Untuk menggunakan bunga ini sampai batuk, sang ibu bisa mengonsumsi sekitar 100-150 g bubuk kering, minum 3 kali sehari, masing-masing menggunakan 6g air hingga mendidih mendidih.

Bunga Pepaya jantan : Berbeda dengan bunga pepaya yang kecil dan hampir hanya bunga, bunga pepaya jantan sering melepaskan tandannya yang panjang. Ambil 20g bunga ini dikukus dengan gula juga bisa menyembuhkan batuk ibu, dan bisa dikombinasikan dengan 10g daun bawang, 10g biji lemon di setiap untuk mengurangi gejala penyakit ini.

Meski bunga atau buah dapat mengobati batuk dengan efektif dan cukup aman, tapi bunga atau buah tidak semuanya cokok untuk ibu hamil. Jadi sebelum mencoba obat tradisional, ibu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan ibu maupun bayinya. Juga, saat batuk, jika batuk terus-menerus dengan demam, lebih banyak dahak kuning atau hijau, ibu perlu menemui dokter untuk perawatan karena ini adalah tanda batuk berat, batuk berat dapat mempengaruhi bayi di rahim.

Baca artikel lainnya

Olahraga Sederhana Dapat Meringankan Sakit Punggung Saat Hamil