Pantangan Bagi Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

Posted by on January 24, 2017 | 0 comments

Sama seperti pada masa kehamilan, masa-masa menyusui juga menjadi masa yang paling rentan dan harus diperhatikan karena penting untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.

 

Pantangan Bagi Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

pantangan bagi ibu hamil yang wajib diketahui

Pantangan Bagi Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

 

Ada beberapa pantangan bagi ibu menyusui yang sebaiknya diketahui sehingga para ibu yang sedang menyusui ini bisa lebih berhati-hati dalam segala hal. Sama seperti saat masa kehamilan, ibu yang sedang menyusui juga harus menghindari beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas ASI atau bahkan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan baik kesehatan ibu sendiri dan juga kesehatan bayi. Jadi, ibu yang sedang menyusui tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan dan sebagainya.

Bagi para calon ibu yang sebentar lagi akan melahirkan atau yang saat ini sedang menyusui sebaiknya memperhatikan dan juga mempertimbangkan beberapa pantangan bagi ibu menyusui sehingga akan lebih aman dan sehat.

  1. Ibu yang sedang menyusui dilarang untuk mengkonsum makanan atau minuman dengan kandungan acohol

seperti halnya ibu hamil, ibu yang menyusui juga dilarang untuk menkonsumsi alcohol karena akan terbawa dalam ASI dan otomatis akan dikonsumsi oleh bayi yang akan mengganggu pola konsumsi ASI pada bayi.

  1. Ibu yang menyusui dilarang mengkonsumsi kafein

Sebisa mungkin ibu yang sedang menyusui untuk mengurangi atau menghindari konsumsi kafein karena akan terbawa oleh ASI.

  1. Ibu yang menyusui tidak boleh merokok

Baik ibu yang hamil dan juga menyusui sebisa mungkin untuk menghindari rokok yang dapat menganggu kesehatan bayi.

  1. Jangan mengkonsumi ikan yang terpapar merkuri

Merkuri adalah kandungan yang berbahaya bagi kesehatan dan ibu yang sedang menyusui otomatis dilarang untuk mengkonsumsi ikan-ikan yang telah terpapar zat merkuri ini.

  1. Obat-obatan herbal

Meskipun obat herbal biasanya dianggap aman, akan tetapi ada beberapa obat yang masih belum dianggap aman jika dikonsumsi oleh ibu menysui apalagai tanpa resep dokter. Oleh karena itu berhati-hatilah saat memilih obat yang akan dikonsumsi.

Jadi para bunda, sebaiknya menghidari beberapa pantangan bagi ibu menyusui tersebut agar aman dan sehat. Dan jangan lupa untuk mengkonsumi makanan sehat dan bersih untuk meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Baca artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: