Olahraga Sederhana Membantu Meringankan Sakit Punggung Saat Hamil

Posted by on March 25, 2018 | 0 comments

Aqiqoh Jogja – Sakit punggung saat hamil merupakan gejala yang umum terjadi. Masalah ini tidak terlalu serius selama kehamilan tapi jika ibu hamil melakukan olahraga ringan, maka dapat mengurangi rasa sakit punggung dengan cukup efektif.

 

Olah Raga Sederhana Membantu Meringankan Sakit Punggung Saat Hamil

Olahraga Sederhana Membantu Meringankan Sakit Punggung Saat Hamil

Olahraga sederhana membantu meringankan sakit punggung saat hami

  1. Penyebab sakit punggung saat hamil

Sakit punggung saat hamil merupakan fenomena yang lumrah terjadi pada ibu hamil. Pada tahap ini, berat badan Anda bertambah, tubuh Anda banyak berubah akibat perubahan hormonal dalam tubuh, ligamen di panggul Anda berangsur-angsur berkembang bersamaan dengan bayi yang semakin membesar di rahim.

Namun, selain menjerit dan menggigit gigi, Anda benar-benar bisa mengurangi nyeri atau sakit punggung jika Anda melakukan latihan di bawah ini. Setelah lahir dan anda ingin mengaqiqahi si kecil carilah informasi di layanan aqiqah magelang yang amanah dan terpercaya.

  1. Latihan fisik membantu mengurangi nyeri punggung bagi ibu hamil

Membentankan tubuh : lutut dan tangan diletakan di lantai, kepala sedikit diangkat. Perlahan turunkan kepalamu dan angkat punggungmu. Tetap pada posisi dalam hitungan detik; Lalu, kembalikan ke posisi semula. Bisa Anda lakukan sampai 10 kali sehari.

Duduk tegak: Ambil 5-10 menit sehari untuk duduk tegak. Setiap kali Anda duduk, Anda mencoba mempertahankan posisi ini selama 5 detik dan kemudian rileks, kemudian diulang lagi. Selain itu, Anda juga bisa berdiri tegak membelakangi dinding kemudian ambil posisi duduk tegak kembali. Jenis latihan ini akan membantu Anda secara signifikan mengurangi gejala sakit punggung, terutama pada 3 bulan terakhir kehamilan.

Merilekskan otot punggung: Berbaring telentang, turunkan pantat Anda ke lantai, tutup mata Anda untuk bersantai. Tahan 5 sampai 6 menit dan rileks. Dari posisi berbaring, Anda dengan lembut berbaring di lantai dan kaki diletakkan di kursi pada sudut 90 derajat. Tahan selama 1 – 2 menit.

Memutar tangan: Setel kaki kiri tetap pada salah satu ujung tali, lebar kaki. Tahan sisa sisa tali dengan kedua tangan di dada dan kemudian perlahan putar bahu ke kiri. Putar seluruh tubuh ke kanan dan serentak angkat dua lengan, kemudian angkat dua tangan setinggi bahu. Lalu kembali ke posisi awal dan ulangi gerakannya. Ulangi latihan ini 10 kali pada masing-masing kaki dan ganti kaki yang lainnya. Apabila rumah anda sekitar bandung dan ingin mencari layanan aqiqah bandung yang profesional anda bisa menghubungi balqis aqiqah bandung.

Latihan Bahu: Lebarkan kedua kaki, telapak kaki harus menyentuh lantai. Tangan kiri bentangkan secara horisontal dengan telapak ke bawah. Gerakan tangan kanan sampai menyentuh kaki kanan. Pada gerakan ini tangan kiri diluruskan ke atas, mata melihat ke tangan kiri. Tahan diposisi ini selama 10-30 detik dan ganti sisi dan lakukan gerakan berulang.

Nah itulah sedikit tips yang dapat kami sampaikan kepada para ibu hamil yang sedang memiliki masalah dengan sakit punggung, semoga dengan adanya artikel Olahraga sederhana membantu meringankan sakit punggung saat hamil, ibu dapat segera mengatasi masalah ini dan kembali sehat dan nyaman saat hamil.

 

Baca artikel terkait lainnya

Fibroid Uterus Selama Kehamilan Dan Hal-Hal Yang Harus Diketahui