Memilih Makanan Untuk Ibu Menyusui Yang Sehat Dan Tepat

Posted by on January 11, 2017 | 0 comments

Bagaimana cara memilih makanan yang sehat untuk ibu hamil? inilah beberapa contoh yang mudah untuk anda terapkan.

 

Memilih Makanan Untuk Ibu Menyusui Yang Sehat Dan Tepat

memilih makanan untuk ibu menyusi yang sehat dan tepat

Memilih Makanan Untuk Ibu Menyusui Yang Sehat Dan Tepat

Ibu yang sedang menyusui biasanya akan mengkonsumsi makan yang memiliki nutrisi yang baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si ibu dan bayi. Meskipun begitu, busui tidak perlu merubah jadwal atau pola makan hanya  perlu memilih makanan untuk ibu menyusui yang dapat memberikan cukup nutrisi sehat dan mampu meningkatkan produksi ASI. Dengan begitu, baik si ibu maupun si bayi akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan pas sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dengan lebih baik.

Balqis Jasa Aqiqah merilis bahwa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu yang sedang menyusui, beberapa jenis makanan untuk ibu menyusui yang dianjurkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Nasi merah dan atau gandum utuh
Salah satu kebutuhan nutrisi yang penting bagi ibu menyusui adalah karbohidrat yang bisa diperoleh dari konsumsi nasi atau roti. Tapi, sumber karbohidrat tersebut juga bisa diganti dengan menggunakan gandum utuh yang mana memiliki lebih banyak serat. Selain, makanan ini juga akan membantu mencukupi kebutuhan asam folat dan juga dapat menghasilkan ASI dengan kualitas yang tinggi.

2.    Ikan dan Telur
Ikan dan telur akan membantu untuk mencukupi kebutuhan protein dan juga DHA yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan juga pertumbuhan system saraf pada bayi.

3.    Sayur dan buah-buahan
Buah dan sayur memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga serat yang akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dan juga akan sangat baik untuk menjaga pencernaan ibu.

Selain memperhatikan hal-hal yang baik dan wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui, akan lebih baik juga untuk mengetahui apa saja hal-hal atau makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Dengan begitu, kesehatan baik ibu dan bayi akan lebih terjaga dan membuat tumbuh kembang bayi lebih terjaga. Ibu yang sedang menyusui sebainya menghindari konsumsi kafein, alcohol, dan ikan-ikan yang kemungkinan telah terpapar oleh zat merkuri yang sangat berbahaya untuk pertumbuhan bayi. Jadi, cermatlah dalam memilih makanan untuk ibu menyusui.

Baca artikel terkait lainnya

Pantangan Bagi Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 2 ?
Please leave these two fields as-is: