Membersamai Tumbuh Kembang Balita Tercinta

Posted by on December 11, 2016 | 0 comments

Salah satu cara mendidik si kecil adalah dengan sering membersamainya. Lantas apa saja yang perlu dilakukan saat membersamai tumbuh kembang balita tercinta?

 

Membersamai Tumbuh Kembang Balita Tercinta

membersamai tumbuh kembang balita tercinta

Membersamai Tumbuh Kembang Balita Tercinta

Siapa yang tidak senang memiliki anak yang cerdas, sehat, dan lucu? Apalagi di fase balita. Banyak sekali pasangan yang baru menikah mendambakan seorang anak lahir dalam perkawinan mereka. Sudah menjadi kewajiban seharusnya, ketika harapan itu dikabulkan maka orangtua harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Fase balita merupakan fase si buah hati belajar banyak hal. Tumbuh kembang balita sangat ditentukkan di fase ini. Dan tentu, akan menentukkan banyak sekali kepribadian dan kecerdasan anak sampai di masa dewasanya. Sudah ada penelitian yang membuktikkan bahwa pola asuh balita yang salah akan memberikan dampak yang buruk bagi anak setelah dewasa nanti.

Bagaimanakah cara terbaik untuk membuat tumbuh kembang balita menjadi baik? Cara terbaik adalah dengan membersamainya tumbuh dan berkembang. Lalu muncul pertanyaan kedua, bagaimanakah cara yang dimaksud membersamainya? Inilah caranya yang berhasil ditulis oleh Balqis Aqiqah News :

•    Belajar bersama. Orangtua dengan background apapun mampu menjadi guru anak yang baik bagi balita. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran, telaten, dan kreatifitas. Belajar bernyanyi, menggambar, berhitung, membaca, janganlah sampai membosankan dan tidak menarik. Selain itu, jangan  sampai si anak merasa sendiri. Kita harus terus berusaha sedekat mungkin dengannya saat dia belajar.

•    Olahraga bersama. Selain belajar untuk tumbuh kembang kecerdasan balita, kesehatan juga perlu diperhatikan. Biasakanlah untuk memiliki jadwal rutin olahraga dengan si buah hati. Olahraga yang dimaksud seperti jalan-jalan pagi, ataupun senam pagi. Buatlah olahraga menjadi menyenangkan. Sesekali, ajaklah juga untuk olahraga di alam terbuka atau juga bisa mengajaknya berenang di akhir pekan.

•    Tamasya bersama. Ambilah cuti kerja atau manfaatkan akhir pekan anda untuk sesekali pergi bertamasya. Tidak perlu jauh, asalkan berkualitas. Pergi berlibur ke suatu tempat akan membuat balita menjadi senang. Kedekatan si buah hati dengan si anakpun juga akan terjaga.

Tumbuh kembang balita sangat bergantung pada orangtua. Jika orangtua si buah hati merupakan pekerja semua, dibutuhkan kepintaran untuk mengatur waktu agar balita kesayangan tidak merasa jauh dari orangtuanya. Semua dilakukan agar anak berkembang menjadi apa yang diharapkan.

Baca artikel terkait selanjutnya

Cara Tepat Memilih Susu Untuk Balita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: