Manfaat Bersendawa Bagi Bayi

Posted by on August 31, 2016 | 0 comments

Pernahkah anda menlihat bayi bersendawa? sejatinya apa saja manfaat bersendawa bagi bayi anda?

 

Manfaat Bersendawa Bagi Bayi

manfaat bersendawa bagi bayi

Manfaat Bersendawa Bagi Bayi

Anak adalah anugerah dari Allah dan sekaligus sebagai titipan bagi orang tua. Maka sudah menjadi kewajiban orang tua untuk merawat dan mendidik anak – anaknya agar tumbuh baik sejak bayi sampai menjadi dewasa.

Menurut Balqis Aqiqah ketika bayi anda bersendawa sebaiknya anda tidak usah bingung karena hal ini wajar dan alami. Sendawa adalah salah satu reaksi sistem pencernaan pada perut bayi yang biasanya dalam bentuk mengeluarkan angin dari perut melalui mulut.

Biasanya ada yang menimbulkan reaksi seperti gumoh yang diiringi dengan keluarnya sedikit asi yang telah diminum oleh sang bayi.

Kenapa sendawa bisa terjadi pada bayi? Hal ini terjadi karena pada akhir saluran pencernaan bayi ada otot yang berguna untuk mengatur sistem pencernaan sehingga asi yang telah di konsumsi bayi tidak balik kaluar. Proses penahanan asi yang dikonsumsi oleh bayi inilah disebut mekanisme ventil. Pada bayi yang masih kecil kisaran usia 0 sampai 9 bulan belumlah sempurna sehingga masih membutuhkan proses penyesuaian.

Kembali pada topik di atas apa manfaat bersendawa bagi bayi?

Ketika kita memberikan asi kepada bayi kita biasanya ada udara yang ikut masuk melalui asi sehingga akan menambah volume udara di perut sang bayi yang akan tertahan diperut bagian atas. Terlebih lagi posisi kita ketika memberikan asi kurang tepat maka akan memicu masuknya udara yang lebih banyak lagi. Apabila ini terjadi maka akan menimbulkan kembung pada perut bayi yang membuat bayi anda merasa tidak nyaman sehingga mudah gelisah dan menangis.

Nah, dengan adanya sendawa maka rasa kembung pada perut bayi dapat dikurangi. Lantas bagaimana dengan bayi kita yang belum bisa bersedawa sendiri karena masih kecil. Maka sang ibu setelah memberikan asi kepada bayinya sebisa mungkin untuk membuatnya bersendawa. Hal ini dirasa perlu agar meminimalisir adanya gumoh. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggendong bayi dipundak anda sambil ditepuk – tepuk ringan punggunggnya.

Nah, demikian artikel ini panulis buat semoga anda semakin tahu tentang manfaat bersendawa bagi bayi anda.

Baca artike kami selanjutnya

Pertolongan Pertama Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: