Ketahui Jenis-Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI

Posted by on May 31, 2017 | 0 comments

Asi Bunda tidak lancar? Beberapa jenis makanan ini patut bunda coba karena dapat meningkatkan kualitas ASI anda.

 

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI

mkanan yang dapat meningkatkan kualitas asi

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI

ASI, atau air susu ibu adalah makanan yang sangat penting bagi bayi. Ya, air susu ibu bahkan menjadi makanan utama agi bayi sebab bayi belum bisa mengkonsumsi jenis makanan lain selain ASI. Selain itu, ASI juga memiiki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi, tak hanya untuk perkembangan fisik, ASI, utamanya ASI colostrum (ASI yang baru pertama keluar) dipercaya sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Semakin baik kualitas ASI maka akan semakin baik pula dampak yang akan dirasakan oleh anak. Oleh karena itu, Ibu menyusui perlu meningkatkan kualitas konsumsi makanannya untuk meningkatkan kualitas ASI. Apa sajakah makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI? Berikut Balqis Aqiqah Indonesia memberikan daftarnya.

  1. Makanan yang Mengandung Kalium dan Zat Besi
    Makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI yang pertama adalah makanan yang banyak mengandung kalium dan zat besi. Jenis makanan ini diperlukan oleh ibu menyusui, karena makanan yang mengandung kalium dan zat besi sangat baik untk kesehatan tulang anak. Jenis makanan yang banyak mengandung kalium dan zat besi dapat ditemukan pada ikan dan juga susu.
  2. Sayuran Hijau
    Salah satu indikasi dari ASI yang baik adalah jumlahnya yang banyak dan mencukupi kebutuhan ASI anak. Nah, salah satu sumber makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI ini adalah sayuran hijau seperti bayam, daun ketela pohon, daun ubi jalar, dan daun katuk.
  3. Makanan yang mengandung protein
    Makanan ini baik untuk meningkatkan kualitas ASI dari ibu menyusui, karena protein berperan penting dalam membangun jaringan tubuh. Makanan yang mengandung protein ini antara lain telur, daging, kacang-kacangan, tahu, tempe, serta makanan laut.
  4. Susu Formula
    Tak hanya anak yang butuh nutrisi dari susu, ibu menyusui pun juga memerlukan susu untuk meningkatkan kualitas ASInya. Maka dari itu, susu merupakan makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI.
  5. Bawang Putih
    Makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI yang terakhir yakni bawang putih. Bawang putih ini memang dikenal sebagai antioksidan yang baik, selain itu, bagi ibu menyusui, bawang putih bermanfaat untuk menambah volume ASI yang dihasilkan.

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI yang perlu Anda kpnsumsi untuk kebaikan Anda dan buah hati Anda tentunya. Semoga bermanfaat~

Baca artikel kami lainnya

Cara Mendidik Bayi Yang Tepat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 9 ?
Please leave these two fields as-is: