Kelebihan Pakan Fermentasi Untuk Penggemukan Kambing

Posted by on August 14, 2016 | 0 comments

Anda sedang tertarik beternak kambing? silahkan baca artikel kami tentang kelebihan pakan fermentasi untuk penggemukan kambing.

 

Kelebihan Pakan Fermentasi Untuk Penggemukan Kambing

kelebihan pakan fermentasi untuk penggemukan kambing

Kelebihan Pakan Fermentasi Untuk Penggemukan Kambing

Kalau kita suka dengan dunia peternakan tentu kita paham betul akan pentingnya pakan yang berkualitas. Pakan yang baik akan memberikan nilai lebih pada kambing baik kualitas daging, rasa daging ataupun kesehatan dari kambing itu sendiri.

Pemberian pakan yang teratur akan memiliki manfaat yaitu dapat menaikkan berat badan kambing yang lebih cepat serta menambah kesehatan kambing sehingga tidak mudah terserang penyakit yang berujung pada kerugian bagi peternak kambing.

Kambing yang sehat dan gemuk tentu akan memiliki jual yang lebih tinggi sehingga diharapkan akan memberikan kesejahteraan bagi para peternak penggemukan kambing.

Nah karena kebutuhan akan permintaan daging kambing terus meniggkat sehingga peternak dituntut untuk lebih cepat dalam produksi daging kambing maka mau tidak mau harus ada terobosan pakan yang alami dan memilki manfaat untuk mempercepat penggemukan kambing. Dengan semakin berkembangnya teknologi pangan maka alhamdulillah saat ini sudah ditemukan teknologi sistem fermentasi yang memberikan banyak keuntungan baik untuk si peternak kambing maupun untuk kualitas kambingnya itu sendiri.

Dengan sentuhan yang tidak terlalu sulit maka kita dapat memperoleh kualitas pakan kambing yang baik. Diantara bahan yang dibutuhkan adalah gedebog pisang, jerami, kulit kacang atau kedelai, bekatul dan media lainnya.

Nah, singkatnya kalau kita dapat memberikan media pakan fermentasi kepada ternak kambing maka diantara kelebihan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Kambing lebih sehat dan tahan terhadap penyakit
  2. Menambah nafsu makan pada kambing
  3. Kotoran kambing tidak berbau
  4. Jeroan kambing yang lebih bersih dan tidak berbau
  5. Mampu menambah berat daging
  6. Mempu memperbaiki sistem pencernaan kambing
  7. Mampu menambah produksi susu bagi kambing etawa
  8. Menghemat tenaga perawatan karena tidak perlu repot – repot ngarit setiap hari
  9. Lebih mudah mencari bahan pakan untuk pembuatan fermentasi.

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, ketika kita menggunakan media pangan yang basah maka akan lebih cepat proses fermentasinya kira – kira satu hari sudah jadi. Sedangkan kalau menggunakan media kering seperti jerami atau kulit kedelai kering maka membutuhkan waktu tidak hari.

Dekimian sekilas artikel kami buat semoga memberikan hal yang bermanfaat kepada anda berkaitan dangan pakan fermentasi untuk penggemukan kambing. selamat bekerja semoga sukses selalu.

Baca artikel kami lainnya

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 11 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: