Hukum Aqiqah

Posted by on March 29, 2014 | 0 comments

BALQIS AQIQAH sahabat anda dalam belajar Hukum Aqiqah hubungi 0274 7455331 atau 08180 273 1273 pin bb 32a4ef2d.

 

hukum aqiqah

hukum aqiqah

Aqiqah adalah suatu ketetapan sunnah Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasalam yang penting untuk dilaksanakan, mengingat adanya manfaat yang bisa diperoleh baik untuk sang anak itu sendiri atapun untuk kedua orang tuanya.

Dikalangan para ulama fikih ulama berbeda tentang penilaian status hukum aqiqah, ada yang mengatakan wajib dan juga ada yang mengatakan sunnah. Tetapi mereka sepakat kalau aqiqah adalah ibadah yang baik untuk dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kedua orang tua kerena telah memiliki putra.

Perbedaan ini dilatar belakangi salah satunya oleh hadist Nabi: “Setiap anak yang lahir kedunia itu murtahanun (tergadai) dengan aqiqahnya,,,,,”

Bertolak dari kata “murtahanun” (gadai) inilah ada perbedaan interpretasi hukum aqiqah, diantara ulama yang mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah wajib adalah Daud Adz-Dzahiri dan orang-orang yang sependapat dengan beliau.

Sifat gadai adalah hutang, ketika kita berhutang kepada orang lain tentunya kita memiliki kewajiban untuk membayar hutang tersebut bukan? nah, hutang kepada manusia saja harus dilunasi apalagi ketika kita memiliki hutang dengan Allah shubhanahu wataala.

Dilain pihak para jumhur ulama (mayoritas ulama) menilai bahwa hukum aqiqah adalah mustahab atau sunnah. Memang tidak berdosa orang yang tidak melakukannya akan tetapi akan kehilangan manfaat dan hikmah aqiqah yang besar. Ketika kita menggadaikan suatu benda yang itu menjadi kebanggaan dan benda tersebut memiliki manfaat yang besar bagi pemiliknya, kira-kira apa yang akan ia lakukan? tentunya ia akan melakukan upaya sekuat tenaga untuk menebus kembali benda tersebut agar menjadi miliknya lagi secara utuh bukan? nah,,,, saudara-saudara sekalian, anak-anak yang kita miliki adalah sesuatu yang sangat membanggakan bagi orang tuanya dan akan memberikan mafaat bagi pemiliknya.

Selain itu menurut Syaikh Jabir al-Jazairi bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad (sunnah yang ditekankan) atau orang kita sering mengenal dengan sunnah yang mendekati wajib.

Oleh karena itu saking utamanya ibadah aqiqah ini para ulama menganjurkan untuk berhutang demi terwujudnya rasa syukur dan syi’ar agama Islam ini dengan melaksanakan aqiqah.

Kami BALQIS AQIQAH bersedia berbagi wawasan tentang aqiqah, dan melayani pemesanan paket aqiqah silahkan anda bisa menghubungi kami di: 0274 – 7455331 atau 08180 273 1273, pin BB. 32a4ef2d.

Untuk melengkapi wawasan aqiqah silahkan bisa baca artikel kami lainnya:

Waktu Aqiqah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 11 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: