Hukum Aqiqah Dalam Islam

Posted by on April 2, 2014 | 0 comments

BALQIS AQIQAH sahabat anda dalam beribadah Hukum Aqiqah Dalam Islam hubungi 0274 7455331 atau 08180 273 1273 pin bb 32a4ef2d.

 

Hukum Aqiqah Dalam Islam

hukum aqiqah dalam islam

Hukum Aqiqah

Ibadah Aqiqah adalah salah satu syariat Islam yang agung yang penting untuk dilaksanakan demi tegaknya syiar Islam ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Disamping sebagai ungkapan syukur kepada Allah disisi lain aqiqah berfungsi sebagai penebus dari ketergadaian sehingga diharapkan sang anak akan dapat memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya di akhirat setelah mendapatkan ijin dari Allah shubhanahu wata ala. Terlebih lagi bagi orang tua yang memiliki anak yang meninggal dunia sebelum usia baligh, karena anak tersebut merupakan “tabungan” amal sholeh yang Allah jadikan salah satu penghuni syurga.

Disisi lain disamping sebagai penebus, aqiqah juga berfungsi sebagai benteng diri bagi anak yang diaqiqah dari gangguan sihir, jin, keserupan dan lain sebagainya.

Saking pentingnya ibadah ini maka para ulamapun menganjurkan agar yang belum mampu melaksanakannya bisa berhutang terlebih dahulu untuk mendapatkan keutamaan di atas.

Sebenarnya bagaimana sih status hukum aqiqah dalam Islam?

Bertolak dari hadist Nabi yang berbunyi: “Setiap anak yang lahir itu tergadai dengan aqiqahnya, yang disembelihkan (kambing) untuknya pada hari yang ketujuh, diberikan nama dan dicukur rambutnya” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Annasa’i).

Yang perlu diperhatikan adalah kata roghinatu (tergadai), ada perbedaan ulama tentang konsekwensi dari kata tersebut apakah menunjukkan makna wajib ataukah makna sunnah.

Diantaranya adalah ulama Daud Adz-Dhahiri. Beliau dan orang-orang yang sependapat mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah wajib karena ini bersifat hutang, bukankah gadai (hutang) itu harus dibayar? Lalu bagaimana ketika kita berhutang dengan Allah selaku Dzat yang maha memiliki segala sesuatu?

Disisi lain para jumhur ulama mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah. Ada juga yang mengatakan sunnah muakkad (sunnah yang sangat ditekankan) untuk bisa dilakukan.

Insyaallah ini adalah pendapat yang lebih kuat, sehingga kami lebih cenderung memilih pendapat ini.

Terlepas dari status hukum sunnah atau pun wajib bahwa para ulama sepakat bahwa aqiqah adalah penting dan sangat baik untuk dilaksanakan.

Kami BALQIS AQIQAH disamping sebagai wahana berbagi ilmu juga menerima pesanan paket aqiqah yang lezat tanpa bau prengus.

hubungi kami di : 0274-7455331 atau 08180 273 1273 atau pin BB 32a4ef2d.

Untuk melengkapi anda bisa membaca artikel kami lainnya:

Walimatul Aqiqah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: