Hikmah Aqiqah

Posted by on April 12, 2016 | 0 comments

Apa saja hikmah yang terkandung dalam ibadah aqiqah? Bagaimana cara mendapatkan hikmah tersebut? insyaallah disini anda akan mengetahuinya.

 

Hikmah Aqiqah

hikmah aqiqah

Hikmah Aqiqah

Pembaca yang budiman. Di pagi ini sambil menikmati udara segar di Lempongsari Sleman Yogyakarta penulis ingin berbagi informasi berkaitan dengan hikmah atau apa saja yang akan kita dapatkan ketika kita bisa mengqiqahi anak – anak kita sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Sebagai seorang muslim tentu kita akan mengimanai apa saja yang telah disampaikan oleh Allah dan Rasul Nya, baik itu bersumber dari kitab suci al Quran ataupun dari hadits Nabi. Keduanya adalah sumber hukum dalam Islam yang mengatur semua tatacara beribadah termasuk ibadah aqiqah.

Diantara hikmah – hikmah aqiqah yang akan kita peroleh selain pahala dari Allah adalah sebagai berikut:

Sebagai Tebusan Dari Ketergadaian

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad disebutkan :”Bahwa setiap anak yang lahir ini tergadai dengan aqiqahnya,,,,,” (HR. Abu Dawud, An Nasai, At Tirmidzi).

Apa arti tergadai dalam hadits di atas? Menurutu keterangan dari salah satu imam ahlu sunnah wal jamaah yaitu imam Ahmad Ibn Hanbal rahimahulah bahwa anak yang sudah diaqiqah kelak di hari akhirat akan diberikan ijin oleh Allah untuk bisa memberikan pertolongan kepada kedua orang tuanya. Artinya ketika orang tua dari anak tersebut Allah tempatkan di neraka sedangkan anaknya yang sholih masuk ke syurga duluan tentu sang anak akan mencari kedua orang tuanya dan menemukan mereka sedang bersedih dan kesakitan. Nah, anak yang statusnya sudah tidak tergadai lagi atau sudah diaqiqahi inilah yang akan diberikan ijin untuk memberikan syafaat untuk kedua orangtuanya tersebut yang tentu saja syarat – syarat untuk mendapatkan syafaat sudah terpenuhi yaitu memiliki iman dalam hatinya. Jadi manfaat atau hikmah aqiqah ini juga akan didapatkan untuk kedua orang tuanya.

Sebagai Tameng Bagi Anak Yang Diaqiqahi

Para ulama banyak yang menyebutkan bahwa aqiqah adalah tameng / pelindung bagi anak yang diaqiqahi. Dalam kitab Minhajul Muslim Syaikh Abu Bakar Jabil Al Jazairi mengatakan :”Aqiqah adalah upaya berwasilah kepada Allah agar terjaga anak yang diaqiqahi tersebut dari berbagai macam gangguan”.

Tentu kita tahu bahwa sang anak belum mampu untuk melindungi diri gangguan jin, syaitan, sihir, penyakit ain dan lain sebagainya maka orang tuanyalah yang seharusnya memiliki inisiatif untuk selalu melindungi anak – anaknya dari berbagai macam gangguan di atas.

Itu beberapa hikmah atau manfaat aqiqah. Untuk melengkapi uraian di atas anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Aqiqah?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: