Fakta ASI Yang Harus Anda Ketahui

Posted by on August 7, 2017 | 0 comments

Tidak dipungkiri lagi bahwa ASI adalah makanan penting bagi si kecil, dan berikut ini adalah fakta ASI yang harus anda ketahui.

 

Fakta ASI Yang Harus Anda Ketahui

fakta asi yang harus anda ketahui

Fakta Asi Yang harus Anda Ketahui

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, tentunya kita ingin mendapatkan berbagai kemudahan dan ingin serba instan. Sebut saja seperti membuat mie instan, mendapatkan infomasi yang dibutuhkan hingga menyusui bayi sekalipun. Semua hal kemudahan tadi memang sangat dibutuhkan, mengingat bahwa manusia memiliki kebutuhan yang sangat tinggi, tingkat sosial ekonomi yang dimiliki dan juga sistem  pendidikan manusia. Bahkan kemudahan-kemudahan tersebut sudah sering dilakukan oleh ibu-ibu yang menyusui. Saran dari tim Balqis Aqiqah Yogyakarta tak salah apabila, banyak ibu-ibu menyusui yang lebih memilih menggunakan susu formula dibandingkan ASI. Padahal fakta ASI yang harus Anda ketahui, bahwa ASI merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi bayi.

Fakta ASI yang harus Anda ketahui, ibu menyusui wajib memberikan Air Susu Ibu (ASI) hingga 6 bulam kepada bayi sebelum bayi tersebut bisa mengkonsumsi makanan. Berbagai badan seperti, WHO (World Health Organiszation), ESPGAN (European Society for Pediatric Gastroenterology and Nutrition) dan juga FAO (Food Agriculture Organization)  juga sudah merekomendasikan bahwa pemberian ASI dalam jangka waktu 6 bulan pertama pasca kelahiran bayi. Selama waktu tersebut, bayi tidak boleh mendapatkan minuman serta makanan apapun, kecuali ASI.

Nah, ASI merupakan makanan dan minuman terbaik yang wajib diberikan oleh bayi yang belum berumur 6 bulan. Fakta ASI ini memang tidak bisa dibantahkan mengingat ASI memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ASI sendiri sangat lengkap, yang akhirnya membuat bayi tidak perlu mengkonsumsi apapun selama 6 bulan pertama tadi. Nah, berikut beberapa kandungan yang dimiliki ASI yang menjadikannya sebagai makanan dan minuman terbaik yang harus dikonsumsi oleh bayi.

1.  Kandungan ASI Foremilk

Feromilk merupakan jenis ASI yang dibuat pada awal menyusui. Foremilk sendiri memiliki kandunghan laktosa dan juga protein dalam jumlah yang tinggi dengan kadar lemak yang rendah. Kadar air yang dimiliki foremilk sendiri cukup sehingga sangat memenuhi kebutuhan sang bayi.

2.  Kandungan ASI Hindmilk

Jenis ASI ini merupakan ASI yang diproduksi saat akhir proses ibu menyusui. Memiliki kadar lemak yang cukup tinggi dibandingkan feromilk namun jumlah lemaknya sedikit. Karena memiliki kadar lemak yang cukup tinggi jenis ASI ini memberikan rasa kenyang untuk bayi dan mampu menjadi kebutuhan kalori.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: