Ciri-Ciri Kambing Yang Sehat

Posted by on June 8, 2016 | 0 comments

Anda ingin mengetahui bagimana ciri – ciri kambing sehat yang dapat digunakan untuk aqiqah dan qurban? disini sobat akan mendapatnya.

 

Ciri-Ciri Kambing Yang Sehat

ciri-ciri kambing yang sehat

Ciri-Ciri Kambing Yang Sehat

Assalamualaikum,. bagaimana kabar sobat BALQIS AQIQAH semua? semoga selalu diberikan kesehatan untuk aktifitas yang lebih baik. Pada pagi ini saya ingin menulis sebuah artikel yang berkenaan dengan dunia perkambingan lebih tepatnya berjudul ciri – ciri kambing yang sehat.

Tentunya sebagian sobat pernah punya pengalaman melihat kambing secara langsung bukan? minimal pada saat hari raya Idhul Adha pernah menyaksikan kambing yang hendak dijadikan ibadah qurban.

Untuk melaksanakan ibadah aqiqah ataupun qurban hendaknya sobat memilih kualitas kambing yang baik dan sehat. Hal ini dapat diketahui melalui pemeriksaan dokter hewat terdekat. Untuk melakukan hal ini tentu tidak mudah dikarenakan tidak mudahnya untuk mendapatkan dokter hewan di lokasi terdekat kita dan juga membutuhkan biaya lebih untuk pemeriksaannya. Maka salah satu langkah mudah yang dapat kita ambil disamping gratis juga saat itu dapat kita kenali karakter dan ciri kambing yang sehat dan baik diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki nafsukan makan yang baik
  • Memiliki tongkrongan atau penampilan yang bagus
  • Bergerak lincah
  • Berbulu halus dan mengkilat untuk jenis (kambing jawa)
  • Memiliki nafas yang teratur
  • Berbulu bersih dan tidak ada kotoran yang menempel terutama daerah dubur.
  • Memiliki kotoran yang normal tidak mencret

Selain hal diatas sobat juga dapat memegang langsung pada bagian punggung kambing. Kambing yang gemuk akan memiliki daging yang banyak sehingga ketika sobat memegang akan terasa tebal dan tidak langsung terkena tulang.

Perlu diperhatikan juga mata kambing tersebut apakah memiliki belek (kotoran mata) atau tidak, karena kambing yang sehat akan memiliki mata yang jernih walaupun terkadang berbeda – beda warna mata setiap kambing tetapi dapat dikenali antara mata kambing yang awas dan sehat dengan mata kambing yang sedang sakit.

Sobat juga sebaiknya memberhatikan faktor usia kambing yang akan dijadikan untuk aqiqah atau qurban. Dalam hadits Nabi disebutkan bahwa kambing yang untuk aqiqah atau quran berusia minimal jadza’ah (enam bulan).

Demikian sharing saya berkaitan dengan ciri kambing yang sehat dan semoga bermanfaat.

Baca artikel kami lainnya

Macam – Macam Jenis Kambing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 3 + 4 ?
Please leave these two fields as-is: