Cara Tepat Memilih Susu Untuk Balita

Posted by on December 15, 2016 | 0 comments

Jangan asal pilih susu untuk balita anda. Bagaimana cara tepat memilih susu untuk balita? kenali  yuk..

 

Cara Tepat Memilih Susu Untuk Balita

cara tepat memilih susu untuk balita

Cara Tepat Memilih Susu Untuk Balita

Susu sudah dikenal luas merupakan asupan gizi yang dibutuhkan anak. Termasuk juga pada fase balita. Fase dimana si buah hati sangat cepat tumbuh berkembang. Semua orangtua ingin memiliki anak yang cerdas dan sehat, maka dari itu tidak berat hanya sekedar membeli susu. Tapi, banyak juga yang belum paham susu untuk balita yang tepat. Padahal, berbeda susu berbeda pula kandungan yang ada di dalamnya. Berbeda usia, berbeda pula kebutuhan asupan gizinya.

Seorang ibu sudah diberikan Tuhan berupa Air Susu Ibu (ASI) untuk diberikan kepada anak. ASI merupakan gizi terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga usia kurang lebih satu tahun. Setelah itu, ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan si anak apalagi di fase balita. Orangtua sudah harus mampu untuk menyisihkan uang membeli susu untuk balita kesayangan mereka. Tetapi, bukan jangan soal uang. Orangtua juga harus tahu susu tepat untuk balita.  Balqis menulis tentang beberapa hal yang harus anda perhatikan:

•    Porsi yang sesuai kebutuhan. Walaupun susu adalah sumber gizi yang dibutuhkan balita, tetapi orangtua juga harus pandai memeberikan porsi yang pas untuk anak. Kebutuhan susu untuk anak sekitar dua gelas setiap harinya atau sekitar 500 cc.

•    Kenali susu yang dibeli. Susu yang baik untuk diberikan ke buah hati kita harus mengandung gizi yang baik. Susu harus mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral kalsium dan fosfor, dan vitamin A, D, E, K.

•    Perhatikan kapan kadaluarsanya. Selalu perhatikan batas penggunaan susu dengan selalu mengecek kemasannya.

•    Simpan yang baik. Usahan menyimpan susu sesuai dengan perintah dalam kemasan.
•    Alergi susu sapi. Tidak semua balita bisa menerima susu sapi pada tubuhnya sehingga timbul masalah seperti diare berdarah, muntah, sakit perut. Jangan paksakan anak jika terjadi gejala seperti ini. Bukan merk susu yang salah, tapi terkadang memang anak anda yang intoleransi laktosa. Tanyakan pada dokter anak untuk langkah yang baik.
Memilih susu untuk balita yang baik akan membantu tumbuh kembang si buah hati menjadi anak yang baik. Selain itu, anda juga tidak akan sia sia membuang uang untuk manfaat yang  tidak terasa. Jadilah orangtua yang cerdas.

Baca artikel terkait

Memahami Pendidikan Terbaik Untuk Balita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: