Cara Mudah Ternak Kambing Gibas Tanpa Ngarit

Posted by on August 7, 2016 | 0 comments

Anda penasaran bukan dengan ulasan berkaitan dengan Cara Ternak Kambing Gibas Tanpa Ngarit? Memang artikel ini ditulis untuk mereka yang ingin tahu persoalan di atas.

 

Cara Mudah Ternak Kambing Gibas Tanpa Ngarit

Cara Mudah Ternak Kambing Gibas Tanpa Ngarit

Cara Mudah Ternak Kambing Gibas Tanpa Ngarit

Pembaca yang budiman. Saat ini ternak kambing gibas masih  memiliki pangsa pasar yang baik karena permintaan akan daging kambing pedaging di Indonesia terus tumbuh seiring dengan banyaknya penduduk dan juga produksi akan daging kambing belum mampu memenuhi permintaan masyarakat sehingga negara masih mengimpor daging kambing untuk memenuhi semua supplai.

Biasanya yang membudidayakan ternak kambing adalah masyarakat pedesaan yang dalam sekala kecil sehingga produksi daging kambing atau kambing gibaspun masih terbatas.

Mungkin bagi anda yang belum mengenal apa itu kambing gibas ada baiknya penulis sedikit sampaikan gambaran yang mungkin bisa mewakili pandangan anda. hehehe.

Kambing gibas adalah jenis ras kambing gembel (bahasa jawa) yang memiliki bulu tebal atau keriting walapun sebagian ada yang berbulu halus dan pada umumnya memiliki warna putih. Anda bisa melihat pada gambar diatas itu salah satu contoh gambar kambing gibas.

Kambing ini mudah sekali dibudidayakan karena mampu beradaptasi dengan cuaca yang ada di daerah kita. Bibit yang mudah didapat juga menjadi alasan tersendiri bagi peternak untuk segera memulai usaha ternak kambing ini.

Oya, untuk menyesuaikan dengan judul artikel di atas bagaimana kita dan caranya beternak kambing gibas tanpa ngarit?

Untuk mendapatkan produksi daging kambing gibas yang efektif tentu ada langkah – langkah yang harus ditempuh diantaranya adalah pemilihat bibit.  Bibit yang unggul dan sehat tentu menjadi fakto kunci dalam usaha penggemukan kambing gibas. Pilihlah bibit yang sehat dan memiliki umur lebih dari 6 (enam) bulan karena kalau kambing belum berumur 6 bulan pada saat itu kambing sedang tumbuh pada pembentukan tulang sehingga akan lebih lama dalam hal penggemukan. Berbeda dengan yang sudah berumur lebih dari 6 bulan saat ini pembentukan tulang sudah maksimal sehingga mudah untuk digemukkan.

Nah, adapun tips yang mudah agar tidak ngarit setiap hari salah satunya dengan menyediakan lahan luas yang ditanami rumput sebagai pakan utama kambing. Lepaskan kambing gibas anda di tanah lapang tersebut dan biarkan ia mencari makan sendiri. Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca artikel kami lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: