Cara Beternak Kambing

Posted by on June 16, 2016 | 2 comments

Kambing adalah salah satu hewan yang mudah didapatkan di daerah kita terutama pada masyarakat pedesaan. Ternak kambing memang salah satu usaha yang mudah dijalankan dan biasanya masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petana akan memiliki sampingan ternak ini.

 

Cara Beternak Kambing

cara beternak kambing

Cara Beternak Kambing

Ternak kambing akan memberikan keuntungan yang lumayan menggiurkan apabila dapat dikelola dengan baik. Janis usaha ini tergolong cukup mudah bagi masyarakat pedesaan karena kambing mudah beradaptasi dengan lingkungan serta sedikit penyakit yang dapat menyerang hewan ini, berbeda dengan ayam pedaging yang tergolong rentan terhadap serangan penyakit.

Biasnya kambing suka sekali dengan makanan berupa daun hijau seperti rumput, daun singkong, daun turi, daun nangka dan yang lainnya. Janis tanaman ini sangat mudah didapatkan didaerah pedesaan sehingga akan memberikan keuntungan yang lebih bagi petani.

Disamping itu harga kambing yang relatif murah sehingga akan memudahkan peternak untuk bisa memulainya. Dengan modal 2,5 jt anda sudah dapat memulainya dengan mendapatkan 1 ekor kambing betina bunting dengan kualitas yang baik.

Anda tidak perlu khawatir kemana harus menjual kambing yang sudah layak jual? kebutuhan pasar akan permintaan daging yang tinggi membuat peternak kambing seringkali tidak bisa memasok semua kebutuhan sehingga jenis usaha ini perlu dilakukan secara profesional. Seperti di BALQIS AQIQAH ini yang setiap bulannya membutuhkan kurang lebih 100 (seratus) ekor kambing.  Mohon daoanya mudah – mudahan kedepan target kami 200 ekor setiap bulan bisa terpenuhi. Aamiin. Info lebih lanjut tentang pesanan aqiqah tanpa prengus bisa anda hubungi ke 08180 273 1273, insyaallah kami profesional dan terbesar di Yogyakarta.

Nah, hal terpenting sebelum mengadakan kambingnya adalah persiapan kandang. Agar lebih berhemat Anda dapat membuat kandang dari kayu seperti bambu yang dapat dibuat model panggung sehingga kambing tidak kedinginan. Disamping itu model kandang panggung juga lebih mudah untuk membersihkan kotoran, biasanya bentuk kotoran yang kecil dan bulat akan keluar sendiri melalui celah – celah lantai kandang.

Nah, sobat Balqis Aqiqah kotoran kambing juga dapat anda jadikan sebagai pupuk untuk tanaman agar tumbuh subur sesuai yang diharapkan atau dapat anda jual kepada orang yang membutuhkan karena di kota jenis pupuk ini cukup banyak peminatnya.

Demikian sedikit sharing kami tentang cara beternak kambing yang baik dan menguntungkan. Selamat mencoba semoga sukses ya..

Baca artikel terkait lainnya

Cara Penggemukan Kambing Yang Efektif

2 Comments

  1. Wah sudah saya terapkan hasilnya mantap
    Cara Mudah Beternak Kambing dari Awal 99% SUKSES.

    • alhamdulillh,, semoga terus sukses y,, aamiin,,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: