Buku Risalah Aqiqah

Posted by on March 24, 2016 | 0 comments

Anda mau membuat buku risalah aqiqah? Bagaimana kisi – kisinya agar anda mudah dalam menyusun buku tersebut?

 

Buku Risalah Aqiqah

buku risalah aqiqah

Buku Risalah Aqiqah

Buku risalah aqiqah adalah sebuah buku kecil yang di dalamnya membahas seluk beluk tentang ibadah aqiqah. Hal ini cukup penting disamping sebagai sarana dakwah kepada masyarakat buku ini juga dapat dijadikan media promosi bagi sang penyelenggara catering layanan jasa aqiqah.

Biasanya buku ini dicetak kecil hanya beberapa centi meter (mungkin seukuran kertas folio yang di bagi 8 buku). Dengan cara seperti itu akan menghemat biaya cetak dan didapatkn buku kecil yang mudah dimasukkan dalam box menu aqiqah.

Agar lebih runut dan teratur mungkin anda bisa mengisinya dengan kisi – kisi sebagai berikut:

Pendahuluan

Dalam bab ini anda perlu memberikan sedikit prakata yang mememberitahukan keresahan anda akan praktek – praktek ibadah aqiqah di tengah masyarakat. Pada bab ini juga anda bisa memperkenalkan usaha anda yang di dalamnya tercantum nomer Hand phone, email, twetter, Face book dan lain sebagainya.

Isi

Pada bab inilah yang menjadi pokok pembahasan. Pembahasan yang ringkas dan tidak bertele – tele akan menghasilkan buku yang menarik untuk dibaca masyarakat. Siapkan dalil – dalil yang shahih dan kuat sebagai pembahasan sehingga anda memiliki rujukan yang kuat dan bisa dipertanggung jawabkan secara teori keilmuan.

Salah satunya anda bisa memulainya dari arti aqiqah secara bahasa dan istilah jelaskan seperlunya saja. Selanjutnya pembahasan bisa masuk pada isi dari hadits aqiqah yang intinya ritual aqiqah itu memotong domba 1 ekor untuk anak perempuan dan 2 ekor untuk anak laki.

Kemudian anda bisa menjelaskan apa itu hari ketujuh? bagaimana menentukan hari ketujuh? pada tahap ini menjadi penting karena masyakarat tidak sedikit yang meleset dalam menentukan hari ke tujuh tersebut. Terkadang jatuhnya pada hari ke enam atau kedelapan. Alternatif hari lain untuk keutamaan aqiqah juga perlu disampaikan dalam catatan buku agar pemahaman menjadi lengkap tentang pilihan hari terbaik sehingga mereka bisa mengatur waktu sesuai dengan kesibukan dan anggarannya.

Selanjutnya pembahasan bisa masuk pada pemotongan rambut bayi dan sedekah dalam bentuk emas ataupun perak yang dapat diberikan kepada orang – orang yang kurang beruntung.

Demikian kisi – kisi buku risalah aqiqah yang bisa kami sampaikan semoga ada manfaatnya. aamiin.

Baca artikel lainnya

Cara Aqiqah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: