Bacaan Aqiqah

Posted by on March 22, 2016 | 0 comments

Bacaan doa apa saja yang sebainya dibaca saat melaksanakan ibadah aqiqah?

 

Bacaan Aqiqah

bacaan aqiqah

Bacaan Aqiqah

Salah satu moment terindah yang dialami orang tua adalah saat pertama kali memiliki seorang anak. Hal ini dirasakan oleh semua pihak keluarga baik itu sang suami, istri, eyang dan semua anggota besar keluarga tersebut. Hal seperti inilah yang dirasakan oleh semua orang termasuk sang penulis artikel ini. hehehe.

Pelaksanakan aqiqah adalah sebagai ungkapan syukur sekaligus sebagai wahana mempererat tali persaudaraan antar sesama baik itu sesama keluarga, handai taulan, kerabat dan masyarakat luas pada umumnya. Kita tahu bahwa dalam ibadah ini ada wujud nyata keinginan yang baik dari shahibul aqiqah untuk membagikan menu makanan daging kambing yang biasanya tersaji dalam box dengan isi yang lengkap dan bervariasi. Ada yang dimasak gulai, sate, rendang, tongseng, tengkleng dan lain sebagainya. Yang pasti semua makannya yang enak – enak. hehehe.

Mungkin sebagian pembaca disini ada yang membutuhkan artikel dari balqis aqiqah yang berkaitan dengan bacaan doa apa saja yang dapat dilakukan ketika ada seorang yang memiliki anak atau saat melaksanakan ibadah aqiqah.

Bacaan doa ketika mengunjungi orang yang baru memiliki anak

Kita pasti pernahkan berkunjung kepada sahabat dan kerabat yang baru memiliki anak bukan? Nah, salah satu sunnah Nabi kita Muhammad Shallahu alaihi wasallam adalah kita mendoakan kepada orang tua tersebut dengan doa sebagai berikut: “Barakallu lak fil mauhubi lak wa syakartal wahib wabalagha asyuddah waruziqat birrah“.

Bacaan doa ketika menyembelih kambing aqiqah

Anda pernah menyembelih kambing aqiqah sendiri? atau mewakilkan kepada orang yang memiliki kemampuan memyembelih kambing? Ya, intinya sama saja yaitu menyembelih kambing aqiqah untuk menebus anak kita dari status ketergadaian.

Pembaca yang berbahagia. Salah satu sunnah ketika menyembelih hewan aqiqah adalah membaca :”Bismillahi hadzihi minka wa ilaika, hadzihi aqiqatu fulan bin fulan“. Pada lafadz fulan bin fulan diganti dengan menyebut nama anak yang diaqiqahi dan nama ayah dari anak tersebut.

Sejauh pengetahuan penulis kedua itulah yang terdapat nash berkaitan bacaan doa saat pelaksanaan ibadah aqiqah. Adapun bacaan doa – doa lain seperti saat memotong rambut bayi dan membagikan menu adalah secara umum membaca bacaan basmalah saja. Wallahu ‘alam.

Baca artikel terkait lainnya

Biaya Aqiqah Terbaru

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: