Arti Aqiqah

Posted by on April 17, 2014 | 0 comments

BALQIS AQIQAH, mau tahu Arti Aqiqah? dapat hubungi kami 0815 034 55331 atau 08180 273 1273.

Arti Aqiqah

arti aqiqah

Arti Aqiqah

Aqiqah adalah satu ibadah yang agung dalam Islam, karena disamping mengandung aspek ibadah horisontal juga ada realisasi ibadah secara vertikal artinya dalam ibadah ini disamping kita dianjurkan untuk mengucapkan kata alhamdulillah atas kelahiran anak kita juga ditekankan untuk mewujudkan rasa syukur itu dengan amal nyata yaitu berbagi dengan sesama.

Oleh karena itu agar kita lebih menjiwai ketika melaksanakan ibadah aqiqah ini ada baiknya kita perlu meng-ilmui ibadah ini jadi tidak terasa hambar.

Oke kita mulai dari arti aqiqah,,,

Abu Umar berkata: aqiqah secara etimologi (bahasa) telah disebutkan oleh Abu Ubaid dan al-Asma’i dan selainnya bahwa asal kata aqiqah adalah rambut yang ada di kepala sang bayi ketika lahir.

Oleh karenanya Nabi Muhammad bersabda: “Hilangkanlah kotoran darinya dengan cara mencukur rambutnya”.

Abu Umar kembali mengatakan: sesungguhnya kambing yang disembelih juga dinamakan aqiqah karena pada saat itu rambut bayi dicukur.

Disisi lain Imam Ahmad tidak setuju dengan tafsiran Abu Ubaid tentang makna aqiqah di atas. Beliau mengatakan: Sesungguhnya substansi aqiqah sendiri adalah menyembelih, maka tidaklah tepat apa yang dikatakan oleh Abu Ubaid.

Abu Amr berkata: Sesungguhnya sebagian ulama mutaakhirin (yang datang kemudian) menjadi hujjah perkataan Imam Ahmad bin Hanbal ini dengan mengatakan bahwa apa yang dikatakan Imam Ahmad tentang makna aqiqah telah diketahui secara konteks bahasa, karena itu disebut aqiqah jika memotong (memutuskan). Maka, maksud kedua orang tua mengaqiqahkan jika keduanya telah memotong (memutuskan).

Pendapat Imam Ahmad inilah yang dirasa lebih tepat tentang makna aqiqah, hal ini diperjelas dengan perkataan al-Jauhari : “Mengaqiqahkan anak itu artinya menyembelih kambing pada hari hari yang ketujuh dari kelahirannya, demikian pula mencukur rambut anak disebut juga aqiqah. Dengan aqiqah dua macam inilah yang lebih utama. Wallahu ‘alam bis showab.

Barangkali ada yang kurang jelas atau untuk pemesanan spesial layanan aqiqah dapat menghubungi kami: 0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

Atau anda dapat memperkaya dengan membaca artikel kami lainnya:

Hukum Aqiqah Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: