Aqiqah Untuk Anak laki – laki

Posted by on March 17, 2016 | 0 comments

Anda hendak mengaqiqahkan anak laki – laki yang sesuai sunnah Rasul? Bagaimana cara yang terbaik menurut Islam?

 

Aqiqah Untuk Anak Laki – Laki

aqiqah untuk anak laki-laki

Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki

Pembaca yang budiman. Anak laki memang memiliki tanggung jawab yang sangat besar nantinya, maka tidak sedikit ada orang tua yang rela mengeluarkan apa saja untuk mendapatkan anak laki – laki. Terlebih bagi mereka yang kebanyakan anggota keluarganya adalah perempuan.

Menurut teori kedokteran ada cara  – cara yang harus dilakukan oleh orang tua yang menginginkan kelahiran seorang anak laki – laki yaitu sang ayah disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan berupa daging missal daging sapi, daging kambing dan jenis daging yang lainnya. Sedangkan sang ibu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan dari jenis sayuran. Tetapi semuanya sebaiknya kita kembalikan kepada Allah selaku Dzat pemilik semesta yang dengan kehendaknya sering kali memberikan apa saja yang kita butuhkan dan bukan yang selalu kita inginkan. Kita yakin apa saja yang Allah titipkan kepada kita baik anak perempuan ataupun anak laki – laki itu adalah yang terbaik untuk kita. Sepakat yah ayah bunda? Hehehe.

Selaku orang tua ketika mendapatkan anak yang sesuai dengan keinginannya biasanya mereka akan menampakkan kebahagiannya baik melalui air mukanya atau dapat dilihat dari apa saja yang mereka keluarkan untuk menyambutnya, termasuk dalam melaksanakan ibadah aqiqah.

Dalam pelaksaan ibadah aqiqah itu sama saja entah itu berkaitan dengan anak perempuan ataupun anak yang laki – laki. Baik itu berkaitan dengan harinya, ritual pelaksanaanya ataupun syarat – syarat kambingnya. Yang membedakan hanya ada satu yaitu jumlah kambingnya. Untuk anak laki bisa dengan dua ekor domba sedangkan untuk anak perempuan cukup dengan satu ekor domba.

Adapun rangkaian ibadah aqiqah untuk anak laki ataupun anak perempuan dalam tinjauan hadits Nabi adalah menyembelih domba, memberikan nama untuk sang bayi, memotong rambut dan menimbangnya, kemudian bersedekah berupa emas atau perak seberat rambut bayi yang sudah ditimbang tadi. Selanjutnya sedekah tersebut dapat diberikan kepada orang – orang yang kurang beruntung disekitar kita.

Demikian artikel yang berkiatan dengan aqiqah  untuk anak laki – laki kami tulis mudah – mudah bermanfaat.

Artikel terkait lainnya

Aqiqah Dan Qurban

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: