Aqiqah Dalam Islam

Posted by on March 28, 2014 | 0 comments

Konsultasi Aqiqah Dalam Islam? ke BALQIS AQIQAH hubungi 0851 034 55331 atau 08180 273 1273.

 

Aqiqah Dalam Islam

aqiqah dalam islam

Aqiqah Islami

Islam adalah agama rahmatan lil alamin, kita yakin bahwa semua syariat Islam adalah baik dan akan membawa kebaikan bagi pelakunya maupun orang disekitarnya tanpa kecuali syariat aqiqah ini. Bagaimana sih aqiqah dalam Islam?

Aqiqah menurut bahasa berasal dari al ‘aqqu yang berarti memotong, disebut demikian karena pada saat itu dipotongkan kambing. Dalam literatur yang lain bahwa aqiqah adalah sebutan untuk hewan yang akan dijadikan sesembelihan itu sendiri (kambing).

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam bahwa:”Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya, yang disembelihkan (kambing) untuknya, diberikan nama dan dipotong rambutnya”. (Hadist Riwayat Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Majah).

Hewan yang paling baik untuk dijadikan sesembelihan saat aqiqah adalah kambing, karena pada beberapa hadis nabi berkaitan dengan aqiqah ini beliau selalu menyebut kambing bukan sapi ataupun onta, padahal saat itu sudah ada hewan-hewen selain kambing. Apabila keadaan ekonomi kita belum mampu untuk membeli kambing maka bersabarlah semoga Allah akan memberikan kemampuan membelinya, karena aqiqah tidak dapat diganti dengan ayam, kelinci ataupun yang lainnya.

Tidaklah mengapa apabila menyembelih sapi, ayam ataupun lainnya sebagai menu tambahan saja karena tidak semua orang tua atau tamu itu menyukai daging kambing, asalkan tetap hewan yang dijadikan aqiqah adalah kambing yang sehat yang bisa diperoleh di jasa penyedia kambing sehat untuk aqiqah.

Ibadah aqiqah adalah ibadah yang tata caranya sudah dicontohkan oleh nabi Muhammad sehingga kita selaku ummatnya seyogyanya mengikuti apa yang sudah beliau sampaikan, karena amal ibadah akan Allah terima dengan syarat niat yang ikhlas dan mengikuti tuntunan sunnah beliau.

Berkaitan dengan niat aqiqah ini sangat penting, karena pada sebagian masyarakat berkembanglah budaya-budaya syukuran yang berkaitan dengan kelahiran anak, misal puputan, selapanan dan lain sebagainya. Hal ini berbeda dengan aqiqah apabila saat pelaksanaan tidak ada niat-an untuk aqiqah sekalipun menyembelih kambing untuk menjamu tamu, atau sebaliknya ada niat aqiqah tetapi sarana yang digunakan bukanlah kambing melainkan ayam, roti, menu bancakan dan yang lainnya.

untuk konsultasi tentang aqiqah dan pemesanan kambing aqiqah mantap silahkan bisa menghubungi kami di : 0851 034 55331 atau  08180 273 1273.

atau untuk menambah materi aqiqah silahkan bisa membaca artikel kami lainnya:

Hukum Aqiqah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: