Apakah Boleh Aqiqah Dengan Selain Kambing?

Posted by on April 10, 2016 | 0 comments

Bagi yang ingin tahu sebenarnya bagaimana sih apakah boleh aqiqah dengan hewan selain kambing? Insyallah di artikel ini sobat akan menemukan jawabannya.

 

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Selain Kambing?

apakah boleh aqiqah dengan selain kambing

Apakah Boleh Aqiqah Dengan Selain Kambing?A

Islam adalah agama yang mudah dan tidak membebankan kepada ummat dalam berbagai macam pelaksanaan ibadah termasuk ibadah aqiqah.

Mengacu pada judul artikal di atas apakah boleh melaksanakan ibadah aqiqah dengan menyembelih hewan selain kambing atau domba? Dengan bahasa lain apakah boleh beraqiqah dengan menyembelih sapi atau unta?

Sejauh pemahaman penulis setelah membaca buku – buku yang berkaitan dengan hewan yang dapat digunakan untuk aqiqah adalah kambing atau domba. Hal ini terdapat dalam banyak hadits yang semuanya menyebut kata syaatun atau kabsyun.

Sebelum membahas perihal aqiqah ini lebih dalam akan lebih baik jika penulis sampaikan tentang makna kedua kata ini yaitu syaatun dan kabsyun.

Menurut ahli bahasa salah satunya adalah Ibnu Mandhur berkata dalam kitab lisan al ‘Arab bahwa kata “syaatun” itu bentuk tunggal dari kambing ataupun domba, yang termasuk dalam kata syaat adalah jenis kambing, domba, sapi, unta, keledai liar, kijang.

Berkaitan dengan hal diatas apakah boleh aqiqah dengan selain kambing? Ada perbedaan diantara ulama yang terbagi menjadi 2 pendapat, yaitu ada yang membolehkan dan ada yang tidak.

Jumhur Ulama (mayoritas ulama) membolehkan

Mereka berpendapat demikian karena ada atsar yang shahih dari Anas Bin Malik bahwa beliau mengaqiqahkan dua anaknya ketika lahir dengan menyembelih unta. Di riwayatkan oleh ath Thabarani dalam kitab al Kabiir.

Dalam riwayat di atas menunjukkan diperbolehkannya beraqiqah dengan unta, artinya ketika unta termasuk dalam syaat tentu hewan – hewan lain yang termasuk juga diperbolehkan seperti dengan sapi, kijang dan keledai liar. Ketika beraqiqah dengan unta ataupun sapi ada sedikit perbedaan dengan ibadah qurban. Kalau Ibadah qurban 1 (satu) ekor unta atau sapi bisa berkongsi 7 (tujuh) orang, berbeda dengan aqiqah walaupun sapi dan unta harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kambing akan tetapi tidak boleh berkongsi untuk beberapa orang. Wallahu ‘alam bis shawab.

Untuk melengkapi artikel diatas tentang apakah boleh aqiqah dengan selain kambing silahkan bisa membaca artikel di bawah ini yang membahas tentang ulama yang tidak membolehkan aqiqah kecuali dengan kambing.

Dalil Ulama Yang Mengharuskan Aqiqah Dengan Kambing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: