Apakah Berbahaya Penyakit Kuning Pada Bayi?

Posted by on October 9, 2016 | 0 comments

Salah satu penyakit yang kerap terjadi setelah bayi dilahirkan adalah penyakit kuning. Apakah berbahaya penyakit kuning pada bayi? biar banyak orang mendapatkan manfaat share yuk…

 

Apakah Berbahaya Penyakit Kuning Pada Bayi?

apakah berbahaya penyakit kuning pada bayi

Apakah Berbahaya Penyakit Kuning Pada Bayi?

Ayah bunda sahabat BALQIS AQIQAH JOGJA yang berbahagia. Memiliki bayi yang sehat adalah dambaan setiap orang tua, untuk mewujudkan hal itu orang tua tidak tanggung – tanggung akan memberikan perhatian khusus sehingga tahapan tumbuh kembang si kecil dapat terpantau dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ada hal yang menyerang si kecil tanpa diketahui oleh orang tua termasuk penyakit kuning ini.

Penyakit kuning pada bayi itu disebabkan oleh zat bilirubin. Sebelum bayi dilahirkan yang memiliki tugas untuk mengolah bilirubin pada darah adalah hati sang ibu, adapun setelah dilahirkan bilirubin ini akan diolah oleh hati bayi anda. Acapkali bagi sebagian balita belum memiliki fungsi hati yang sempurna sehingga pengolahan bilirubin belum maksimal, kalau hal ini terjadi maka akan ada gangguan berupa penumpukan bilirubin sehingga menyebabkan penyakit kuning pada bayi.

Biasanya penyakit kuning ini akan berproses setelah usia bayi 3 sampai 5 hari setelah lahir sehingga sebelum 3 hari penyakit kuning ini belum bisa diketahui. Bagi bayi yang lahir dengan memiliki cukup umur kandungan masih memiliki potensi untuk terkena penyakit kuning ini sebesar 25% – 50%, adapun bayi yang dilahirkan belum cukup umur lebih besar lagi potensinya untuk terkana penyakit kuning ini.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah bayi anda terkena penyakit kuning ataukah tidak adalah dengan cara bayi anda dibawa ke ruangan yang terang kemudian tekan pada bagian dahi, dada, telapak kaki dan telapak tangan lalu perhatikan apakah ada warna kekuningan pada bagian yang ditekan tadi ataukah tidak? Kalau ada tanda – tanda kuning segara bawa balita anda ke dokter untuk melakukan konsultasi agar kalau ada hal – hal yang terjadi dapat ditangani dengan segara.

Cara lain juga dapat di lakukan dengan cara melihat pada gusi bayi atau dengan memperhatikan bagian putih dari mata si bayi. Cara pertama dapat anda terapkan pada bayi yang berkulit putih sedangkan cara yang kedua bagi bayi yang berkulit lebih gelap.

Kembali pada topik pembicaraan di atas terkait dengan apakah berbahaya penyakit kuning pada bayi?

Yang namanya penyakit pasti memiliki dampak kesehatan bagi si bayi terlebih jika penyakit pada tahapan berat. Selagi ringan mungkin tidak terlalu berbahaya akan tetapi kalau dibiarkan akan menimbulkan dampak yang lebih serius sehingga masuk pada tahapan berat termasuk jenis penyakit kuning ini.

Pada tahapan berat penyakit kuning atau ikterus dapat meracuni otak bayi, merusak syaraf, mengakibatkan cacat, tuli, kelumpuhan otak dan yang paling berat adalah dapat mengakibatkan kematian.

Semoga dengan pengetahuan ini kita dapat lebih waspada akan gejala – gejala yang timbul berkaitan dengan bahaya penyakit kuning pada bayi. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait lainnya

Apakah Berbahaya Bayi Yang Terlahir Sudah Memiliki Gigi?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: