Apakah Berbahaya Bayi Yang Terlahir Sudah Memiliki Gigi?

Posted by on October 13, 2016 | 0 comments

Umumnya bayi lahir itu belum memiliki gigi yang tumbuh dalam mulutnya, lantas apakah berbahaya jika bayi terlahir sudah ada yang memiliki gigi?

 

Apakah Berbahaya Bayi Yang Terlahir Sudah Memiliki Gigi?

apakah berbahaya bayi yang terlahir sudah memiliki gigi?

Apakah Berbahaya Bayi Yang Terlahir Sudah Memiliki Gigi?

Memiliki bayi yang sehat dan normal adalah kebanggan bagi semua orang tua di dunia ini, buktinya mereka sangat mengharapkan kebaikkan sejak dalam masa – masa awal kehamilan hingga pada tahap kelahiran bahkan meraka dengan senang hati merawat dan membesarkannya. Itulah bukti cinta kasih orang tua kepada anak – anaknya.

Umumnya pada tahap awal bayi dilahirkan mereka belumlah memiliki gigi, hal ini dapat kita ketahui dengan memperhatikan tahapan – tahapan perkembangan si kecil usia tumbuhnya. Awal gigi terbentuk dan keluar biasanya pada usia bayi enam hingga 13 bulan dari kalahiran. Pada tahap ini yang pertama kali muncul adalah 4 buah gigi yaitu dua bagian bawah dan dua lagi pada bagian atas. Setelah balita anda berusia tiga tahun ia akan memiliki struktur gigi yang lengkap orang bilang dengan istilah satu set gigi lengkap. Adapun ketika usia anak lima hingga enam tahun biasanya ada gigi yang mulai tanggal dan tidak lama kemudian akan tumbuh gigi baru sebagai gantinya yang akan menjadi gigi permanen sampai anak dewasa.

Nah, kembali kepada topik pembahasan di atas yang berkaitan dengan apakah berbahaya bayi yang terlahir sudah memiliki gigi? Aqiqah Balqis merilis bahwa kasus ini memang tergolong sangat langka akan tetapi ada, para peneliti mengatakan kejadian kasus ini terjadi pada angka perbandingan 2000 peristiwa melahirkan dengan satu kasus yang seperti ini.

Kasus kejadian ini atau dalam istilah kesehatan dikenal dengan istilah natal teeth cukup banyak faktor yang mempengarui diantaranya adalah sebagai berikut:

Sindrom Hallerman Streif

Sindrom ini yang sering memperngaru tinggi dan bentuk kepala bayi sehingga dapat memicu tumbuhnya gigi pada saat bayi dilahirkan.

Sindrom Soto

Yaitu kondisi dimana menyebabkan kelainan genetik sehingga menyebabkan adanya pertumbuhan yang berlebihan pada anak usia 2 sampai 3 tahun pertama dari kelahiran.

Sindrom Pierre Robin

Yaitu sindrom dimana rahang bawah yang tumbuh kecil, lidah yang cenderung mundur dan kebawah.

Nah, kejadian demikin sangatlah langka dan karena nanti pada usia anak 5 tahunan biasanya akan ganti gigi baru yang diawali dengan tanggalnya gigi jadi hal ini tidaklah berbahaya. (sumber: bidanku.com)

Demikian artikel ini kami buat semoga bisa menghilangkan kekhawatiran ketika hal ini terjadi pada bayi balita anda.

Baca artikel kami selanjutnya

Tanda Lahir Warna Merah Pada Bayi, Berbahayakah?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: