Apa Sebab Balita Anda Sulit Berjalan?

Posted by on September 17, 2016 | 0 comments

Mungkin anda pernah melihat ada seorang balita yang usianya sudah lebih dari satu tahun tetapi ia belum mampu berjalan sendiri? Lantas apa sebab balita anda sulit berjalan? Share yuk… agar kita bisa berbagi manfaat dengan orang lain..

 

Apa Sebab Balita Anda Sulit Berjalan?

apa sebab balita anda sulit berjalan

Apa Sebab Bayi Anda Sulit Berjalan?

Penulis sering mendengar cerita adanya  orang tua yang mungkin belum terlalu memahami akan dunia balita sehingga ketika ia mendapati anaknya yang sudah memiliki usia satu tahun akan tetepai belum mampu berjalan sebagaimana halya dengan anak Рanak yang sebaya dengannya.

Balita adalah singkatan dari bawah lima tahun jadi yang akan kita bicarakan adalah anak yang memiliki usia 1 hari hingga belum sampai 5 tahun. hehehe. Ya pastilah masa di atas lima tahun nanti bukan balita lagi donk..

Sobat BALQIS AQIQAH mungkin sudah ada yang mengetahui bahwa perkembangan antar anak itu berbeda – beda baik itu tahapan tengkurap, merangkak ataupun berjalan. Ada yang berusia 11 bulan sampai 1 tahun baru bisa jalan atau bahkan lebih hingga 18 bulan baru ia bisa berjalan.

Bagi anda yang memiliki balita yang berusia 12 yang belum mampu berjalan jangan khawatir karena mungkin anak anda belum waktunya berjalan terlebih baik anak perempuan cenderung lebih lambat dalam proses ini jika dibandingkan dengan anak laki – laki. Yang perlu diwaspadai adalah jika balita anda berumur lebih dari 18 bulan dan belum memiliki kemampuan untuk berjalan sehingga langkah antisipasi perlu diambil yaitu dengan cara memeriksakan balita anda ke dokter.

Sebagai orang tua hendaknya mengetahui lebih dini kenapa balita anda sulit untuk berjalan? Umumnya yang menjadi penyebab dalam hal ini adalah sebagai berikut:

Kematangan Syarat

Semua gerak dalam tubuh manusia termasuk balita anda dikendalikan oleh kematangan syarat yang ada dalam uubuhnya. Memang ketikan anak pertama kali lahir syaraf belum berfungsi dengan maksimal didalam mengendalikan gerak. Hal ini akan berkebang dengan sendirinya sesuai dengan perkembangan usia balita tersebut.

Gangguan Keseimbangan

Dengan adanya gangguang keseimbangan maka si balita akan terkena Dysfunction of sensory intregation (DSI). Gangguan ini biasanya akan terlihat pada saat balita sedang beraktifitas. Seperti berjalan pada sesuatu yang bergoyang atau bahkan pada proses belajar berjalan itu sendiri yang menimbulkan rasa takut atau tidak percaya diri sehingga berujung pada terlambatnya berjalan bagi balita anda.

Faktor Psikologis

Faktor ini cukup sering terjadi apabila balita tersebut secara fisik tidak ada masalah maka kemungkinan besar ada kendala di faktor psikologi. Mungkin hal ini bisa terjadi karena trauma sehingga si balita memiliki kekhawatiran yang dapat mempengarui sistem motoriknya.

Demikian artikel berkaitan dengan kenapa bayi anda sulit berjalan? Semoga anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah memiliki pengetahuan tentang soal ini.

Baca artikel kami lainnya

Tips Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: