Apa Penyebab Tangan Balita Anda Melemah?

Posted by on October 7, 2016 | 0 comments

Penting memperhatikan tumbuh kembang balita anda terlebih ketika ada gejala hal lain yang timbul seperti lemahnya tangan balita anda. Apa Penyebab Tangan Balita anda melemah? simak ulasan berikut ya..

 

Apa Penyebab Tangan Balita Anda Melemah?

apa penyebab tangan balita anda melemah

Apa Penyebab Tangan Balita Anda Melemah

Bunda sobat Balqis Aqiqah sudah menjadi kesenangan tersendiri bagi orang tua ketika dapat memantau tumbuh kembang balita anda. Semakin tumbuh baik maka semakin bertambah pula kebahagian bunda terhadap anak. Dengan memberikan perhatian yang lebih maka ketika ada hal – hal terjadi yang tidak kita inginkan maka semakin cepat pula mendapatkan penanganan termasuk soal perkembangan gerak balita anda yang semakin hari semakin tumbuh dan berkembang.

Pada usia 0 sampai 2 bulan balita biasanya sudah memiliki kemampuan rangsangan indera yang reflek sehingga apabila anda memberikan jari pada tangannya maka secara reflek ia akan menggenggam jari anda. Adapun pada usia 3 sampai 6 bulan kemampuan gerak balita anda sudah semakin luas, ia akan berusaha menyentuh benda – benda yang biasanya digantung seperti mainan yang berputar dan mengeluarkan bunyi yang digantung di atasnya.

Pada usia 7 hingga 12 bulan si balita biasanya akan berusaha lebih sering memegang benda – benda yang berada disekitarnya. Nah, itulah beberapa gambaran tahapan yang normalnya dimiliki oleh balita yang tumbuh sehat.

Dengan memperhatikan perkambangan gerak balita maka ketika ada hal lain terjadi maka segera dapat diketahui. Saat balita memegang benda kok lebih sering menggunakan satu tangan yang lebih dominan? atau saat memakai baju tangan satunya mudah bergerak sedangkan tangan yang satunya kelihatan tidak lincah maka anda perlu menelisik lebih dalam tentang kesehatan balita anda.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan meminta balita anda berdiri dan menggerakkan kedua tangannya secara bersamaan. Lantas anda perhatikan apakah pada sendi – sendi balita anda ada yang bengkak atau sakit sehigga mempengarui kemampuan gerak tangan anak anda?

Menurut ahli bahwa kemampuan gerak motorik anak itu dipengaruhi oleh cerebellum. Ketika ada gangguan antara fungsi penglihatan visual dengan fungsi raba maka sering terjadi gangguan pada kemampuan gerak balita anda.

Alangkah baiknya apabila ini terjadi segera periksakan balita anda ke dokter ahli neurologi sehingga anda dapat memberikan pertolongan lebih dini. Semoga dengan ini balita anda dapat tertangani dengan cepat sehingga tidak terjadi apa – apa di kemudian hari.

Demikian artikel ini Balqis Aqiqah buat semoga memberikan manfaat kepada bunda terkait dengan apa penyebab tangan balita menjadi lemah.

Baca artikel terkait lainnya

Apakah Berbahaya Penyakit Kuning Pada Bayi?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: