Akikah Untuk Anak Perempuan

Posted by on March 16, 2016 | 0 comments

Anda mempunya anak perempuan yang hendak di akikahi? Bagaimana cara akikah untuk anak perempuan yang sesuai sunnah Rasul?

 

Akikah Untuk Anak Perempuan

akikah untuk anak perempuan

Akikah Untuk Anak Perempuan

Bapak dan ibu yang berbahagia. Memiliki seorang anak adalah hal yang sangat membanggakan terlebih bagi mereka yang telah lama menunggu kedatangan sang buah hati. Ada yang  5 (lima) tahun menunggu, enam tahun atau bahkan 10 tahun menunggu dari usia pernikahan.

Dengan demikian anak adalah anugerah yang besar dari Allah shubhanahu wa ta’ala untuk kita selaku orang tua. Dengan adanya anak kita bisa menjadikan sebagai penerus generasi dan juga sebagai wahana untuk mendulang pahala dihadapan Allah dengan mendidiknya sebagai anak yang sholeh ataupun sholehah.

Dalam pandangan Islam sejatinya tidak ada bedanya atau sama saja baik kita diberikan amanah berupa anak laki – laki atau perempuan. Memang sebagian pasangan ada yang merasa lebih senang apabila memiliki anak laki – laki bahwan tidak sedikit dari mereka mendambakan untuk memiliki anak perempuan.

Kembali kepada pokok pembahasan sesuai dengan judul diatas. Anak perempuan itu memiliki kelebihan sendiri dihadapan Allah sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad yang intinya :”Barang siapa yang berhasil mendidik 2 anak perempuan untuk menjadi wanita yang sholehah maka Allah menjamin untuk orang tuanya berupa syurga yang luar biasa”.

Tentu saja salah satu upaya yang dapat ditempuh oleh orang tuanya agar kelak anak perempuannya menjadi anak yang sholehah adalah dengan mengakikahkannya, dan salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari jasa layanan aqiqah di jogja yang terbaik.

Bagaimana cara mengakikahkan anak perempuan?

Berkaitan dengan rangkaian ibadah akikah itu sama saja baik itu untuk anak laki – laki maupun untuk anak perempuan, yaitu dipotongkan kambing, diberikan nama dan dicukur rambutnya. Yang membedakan hanya pada jumlah kambingnya, yaitu untuk anak laki – laki dengan 2 (dua) ekor kambing dan untuk anak perempuan dengan satu ekor kambing.

Apabila kebutuhan menu akikah untuk anak perempuan banyak dan dengan jumlah satu ekor tidak cukup maka boleh menggunakan 2 atau 3 ekor. Artinya yang satu ekor kambing untuk akikah dan yang lainnya sebagai tambahan sedekah dari orang tuanya.

Demikian artikel kami tentang akikah untuk anak perempuan semoga bermanfaat.

Wallahu’alam bish shawab.

Artikel terkait selanjutnya

Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: