Acara Aqiqah

Posted by on March 14, 2016 | 0 comments

Anda akan menyelenggarakan acara aqiqah? bagaimana urutannya? silahkan bisa baca artikel dari BALQIS AQIQAH berikut ini.

 

Acara Aqiqah

acara-aqiqahBagi sebagian orang mungkin ada yang belum tahu dan masih bingung ketika akan menyelenggarakan acara aqiqah untuk sang buah hatinya, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali memiliki anak.

Sebenarnya dalam hadist tuntunan aqiqah sudah cukup ketika membahas tentang ritual ibadah ini. Intinya adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh, memberikan nama untuk sang buah hati, mencukur rambut kepada sang bayi selanjutnya bisa ditimbang rambut tersebut dan disunnahkan untuk bersedekah berupa emas atau perak seberat rambut bayi tersebut.

Apakah boleh diganti dengan uang sedekahnya? insyaallah boleh – boleh saja dengan cara di konversikan dengan harga emas atau perak saat itu.

Lantas bagaimana apabila acara aqiqah ingin dilanjutkan dengan pengajian aqiqah? Bagaimana prosesi acaranya?

Bapak ibu yang berbahagia. Sejatinya tidak ada aturan baku dalam urutan acara pengajian aqiqah, harus ini dulu baru yang itu dan seterusnya. Akan tetapi agar acara dapat berjalan dengan baik dan terarah ada baiknya susunan acaranya diatur sedemikian rupa, misalkan:

Pembukaan

Acara yang pertama ini tenaga yang dibutuhkan adalah MC atau pembawa acara yang bertugas mengendalikan urutan acara. Mungkin Anda bisa meminta kepada teman atau saudara yang biasa berbicara di depan publik, insyaa Allah banyak yang bisa untuk mengemban tugas ini karena tidak terlalu sulit.

Sambutan Tuan Rumah

Pada acara ini alangkah baiknya yang menyampaikan ayah dari bayi yang sedang diaqiqahi atau siapa saja yang bisa mewakilinya. Sesi ini tidak terlalu lama cukup 7 (tujuh) menit saja. Biasanya pada sesi ini yang bersangkutan mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang sudah berkenan menghadiri acara aqiqah ini. Akan lebih menarik apabila pada sesi ini anda sampaikan tentang arti dan harapan dari nama bayi yang diberikan agar masyarakat mengetahui dan dapat mendoakan agar anak tersebut sesuai harapan kedua orang tuanya.

Tausiyah Pengajian Aqiqah

Pada sesi ini penceramah bebas menyampaikan materinya tetapi yang cocok adalah seluk beluk perihal ibadah aqiqah. Anda bisa memulainya dari hadits disyariatkannya ibadah aqiqah, kemudian dijelaskan pilihan hari terbaik untuk aqiqah, hikma aqiqah dan lain sebagainya.

Potong Rambut

Pada sesi ini anda bisa melakukan potong rambut bayi secara simbolis saja karena kalau harus dicukur habis (gundul) membutuhkan waktu lama dan juga membutuhkan tenaga ahli agar tidak melukai kepala sang bayi. Selanjutnya keesokan harinya bisa dilakukan penggundulan.

Doa Penutup.

Demikian artikel tentang acara aqiqah dari Balqis Aqiqah apabila ada yang belum jelas silahkan bisa bertanya ke nomer HP 08180 273 1273.

Baca artikel terkait lainnya

Akikah Untuk Anak Perempuan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 4 ?
Please leave these two fields as-is: