3 Manfaat ASI Untuk Ibu Yang Menyusui

Posted by on August 11, 2017 | 0 comments

Ternyata manfaat ASI bukan hanya untuk balita saja lho, si ibu juga akan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaat ASI untuk ibu yang menyusui? baca yuk..

 

Manfaat ASI Untuk Ibu Yang Menyusui

3 manfaat asi untuk ibu yang menyusui

3 Manfaat ASI Untuk Ibu Yang Menyusui

Adapun promo dan manfaat yang diberikan oleh susu formula, namun faktanya ASI adalah makanan dan minuman terbaik bagi kesehatan tubuh bayi. Manfaat ASI bukan hanya diberikan oleh bayi yang mengkonsumsinya saja, melainkan ibu yangb tengah menyusui bisa mendapatkan berbagai manfaatnya juga. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, semakin cepat ibu memberikan ASInya kepada anak, akan semakin bagus pula manfaat yang akan didapatkan untuk ibu dan juga anak. Bahkan beberapa sesepuh juga mengungkapkan harus memberikan ASI secepatnya setelah ibu melahirkan anaknya, atau kira-kira 30 menitan setelah bayi sudah lahir.

Enam bulan pertama setelah bayi lahir, umumnya ibu dilarang untuk memberikan makanan dan minuman karena sistem pencernaah bayi belum siap bekerja. Karena alasan inilah, masa pemberian ASI ekslusif tersebut sangat diprioritaskan. Masa ekslusif inilah yang membuat ibu tidak boleh memberikan makanan dan minuman dalam bentuk apapun kecuali ASI. Bahkan makanan dan minuman yang dipercaya baiik untuk tubuh juga tidak boleh, sebut saja seperti susu formula, air putih, madu, biskuat, sari buah, dan juga bayi bubur. Setelah melewati masa ekslusif tersebut manfaat ASI bisa dirasakan oleh bayi dan ibu. Bahkan setelah bayi sudah berusia 6 bulan sekalipun, ASI tetap menjadi makanan tambahan yang penting untuk bayi.

Mungkin Anda bertanya, kenapa pemberian ASI sangat penting untuk dilakukan. Apakah Anda tahu bahwa manfaat ASI sendiri bukan hanya dirasakan oleh bayi namun ibu yang menyusui juga. Berikut beberapa manfaat pemberian ASI bagi ibu yang berhasil disajikan oleh Balqis :

  1. Mencegah pendarahan

Dengan menyusi bayi setelah bayi lahir akan mendorong kontraksi rahim serta mencegah terjadinya pendarahan. Pemberian ASI ini akan membantu pemulihan rahim menjadi semula.

2. Mampu menurunkan berat badan

Proses menyusui dipercaya mampu mengurangi berat badan ibu. Karena ibu yang menyusui mampu membakar setidaknya 500 kali setiap hari.

3. Mencegah terjadinya kanker

Ibu yang menyusui juga mampu terhindari dari berbagai kanker. Bahkan prosentase pencegahannya sendiri mencapai hampai 20%. Beberapa penelitian juga mengungkapkan, dengan menyusui ibu akan terhindari dari resiko kanker rahim dan juga kanker indung telur.

Baca artikel kami lainnya

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: